FOLLOW US:


Basket Nasional Butuh Pelatih Asing Berkualitas

20-10-2009 18:17

Bola.net - Perbasi akan terus berusaha memperbaiki kualitas pelatih yang dianggap masih kalah jika dibandingkan pelatih asing.

"Prestasi bola basket nasional tidak dapat dipisahkan dari kualitas pelatih," ungkap Ketua Umum PB Perbasi Noviantika Nasution saat membuka penataran atau penyegaran pelatih A2 di Hotel Atlet Century, Selasa (20/10).

Ditambahkan, sebanyak 60 hingga 70 persen prestasi atlet bola basket ditentukan oleh kualitas pelatihnya, sehingga perlu dilakukan penataran dan penyegaran secara berkelanjutan. Selain itu juga untuk mengejar ketertinggalan dari negara lain meningkatkan kualitas wasit.

"Indonesia memiliki potensi yang besar untuk menghasilkan pelatih-pelatih yang bagus," tambahnya.

Sangat sedikit memang pelatih-pelatih Indonesia. Saat ini hanya tiga pelatih nasional yang lulus sertipikat hingga bisa melatih tim nasional, seperti Rastafari Horongbala, Fictor Roring dan Tjetjep Firmansyah.

"Pelatih lain kualitasnya masih kurang dan tidak bisa melatih tim nasional. Terlebih lagi tim asing. Saya ingin Indonesia sama dengan Filipina, yang bisa mempunyai pelatih yang memperkuat klub asing," lanjutnya.

Noviantika juga menyatakan dukungan dari pemerintah juga sangat penting dalam upaya peningkatan prestasi bola basket. Dia mengatakan sampai sekarang dukungan terhadap infrastruktur bola basket masih belum optimal. (ant/zul)


Komentar Pembaca (2 komentar)
roe, malang...
22:06 11 Desember 2009
kata sapa di indonesia cuma 3 orang aja yang bisa ngelatih tim nasional????wew.....banyak kok yang bisa ngelatih...cuma sayangnya..hanya jakarta sentris, dan juga bubruknya manajamen dari Perbasi....buktinya d DBL jawa timur....bisa kalahkan team dari australia dengan pelatih lokal...

ini bukan soal kualitas..
ini permasalahan tentang manajemen pengurus dari Perbasi sendiri....lah ngak jelas banget PErbasi indonesia...
raffi, antabaru 4 no 18
11:51 16 November 2009
hy apa kabarrr ako raffi