FOLLOW US:


Garuda Berhasil Kalahkan Pelita Jaya

03-02-2012 21:05
Garuda Berhasil Kalahkan Pelita Jaya
Erick Sebayang (kiri) berusaha menahan laju Wendha Wijaya (Garuda) © NBL Indonesia

Bola.net - Melalui sebuah laga yang cepat dan keras, Garuda Speedy Bandung akhirnya membalas kekalahan telak mereka di seri pertama atas Pelita Jaya Esia Jakarta. Pelita Jaya yang unggul tipis di kuarter pertama dan kedua harus tertinggal di kuarter ketiga dan akhirnya kalah tipis 59-54. Rekor pertemuan keduanya dalam dua laga terakhir, sama kuat satu sama.

Kuarter pertama yang berjalan keras dan cepat memberikan efek merugikan bagi kedua tim. Pelita Jaya kerap melakukan kesalahan sendiri yang mengakibatkan terjadinya tujuh kali turn over. Sementara itu, pada kubu Garuda, permainan cepat mengakibatkan keputusan menembak yang terburu-buru sehingga akurasi sangat rendah, hanya 22 persen. Pelita Jaya menguasai kuarter pertama dengan kedudukan 12-9. Shooter Pelita Jaya, Juliano Gandhi mencetak enam poin.

Sebuah benturan keras antara Vinton Nolland dan Kelly Purwanto di akhir kuarter pertama membuat Kelly terpaksa diistirahatkan oleh Pelita Jaya sepanjang kuarter kedua. Kondisi ini sedikit menyulitkan bagi Pelita Jaya. Hasilnya, Pelita Jaya masih belum berhasil menjauh dari Garuda. Garuda yang sempat unggul satu poin di detik-detik akhir kuarter kedua melakukan turn over yang dikonversi dengan sempurna oleh Dimas Aryo Dewanto melalui sebuah layup untuk kembali membawa Pelita Jaya unggul tipis di akhir kuarter kedua, 28-27.

Point guard Garuda, Wendha Wijaya bermain sangat agresif di kuarter ketiga. Wendha yang bertugas sebagai pengatur serangan mulai lebih sering melakukan penetrasi. Wendha mencetak delapan poin di kuarter ketiga. Empat di antaranya adalah hasil free throw yang sempurna. Garuda berbalik unggul di akhir kuarter ketiga 44-37.

Menguasai kuarter ketiga, Garuda tak lagi terkejar oleh Pelita Jaya. Usaha keras dari Andi Batam dan Ponsianus Indrawan hanya mampu menempel tipis di bawah poin Garuda. Rapatnya pertahanan Garuda menjadi kunci kemenangan kali ini. Wendha Wijaya menjadi pencetak poin terbanyak bagi Garuda dengan 16 poin. (nbl/kny)