FOLLOW US:


Giannis Antetokounmpo Sukses Besar Penuhi 'Tantangan' Mendiang Kobe Bryant

21-07-2021 13:08
Giannis Antetokounmpo Sukses Besar Penuhi 'Tantangan' Mendiang Kobe Bryant
Pemain Milwaukee Bucks, Giannis Antetokounmpo © AP Photo

Bola.net - Giannis Antetokounmpo kini menjadi sorotan dunia. Bagaimana tidak? Pebasket berusia 26 tahun ini sukses jadi bintang kemenangan Milwaukee Bucks dalam laga keenam (4-2) laga final NBA 2020/2021 kontra Phoenix Suns dengan skor 105-98 di Fiserv Forum, Amerika Serikat, pada Selasa (20/7/2021) waktu setempat.

Kemenangan ini pun sekaligus mengantar Bucks menuju gelar juara kedua mereka dalam sejarah NBA, sekaligus yang perdana sejak 1971. Giannis pun tampil menggila, mencetak double-double, yakni 50 poin dan 14 rebound, ditambah enam blok dan persentase tembakan 64%, usai memasukkan 16 tembakan dari 25 percobaan.

Giannis pun menjadi pebasket pertama dalam sejarah yang mampu mencetak setidaknya 40 poin, 10 rebound, dan lima blok dalam sebuah final. Ia sekaligus jadi pebasket ketujuh yang mencetak setidaknya 50 poin di laga final. Tak hanya itu, ia juga sukses menyabet gelar pemain terbaik alias MVP (Most Valueable Player) Final kali ini.

Sebelumnya, Giannis menjalani debut NBA pada 2013, usai menduduki peringkat 15 NBA Draft. Ia menyabet gelar pemain dengan peningkatan terbaik alias Most Improved Player 2017, lalu menyabet gelar MVP musim reguler pada 2019 dan 2020, serta merebut gelar pemain bertahan terbaik alias Most Defensive Player 2020.

1 dari 3

Pernah Sabet Semua Gelar Individu

Pernah Sabet Semua Gelar Individu
Kobe Bryant © AP Photo

Alhasil, dengan merebut gelar juara sekaligus gelar MVP Final 2020/2021, pebasket kelahiran Athena, Yunani, ini pun sukses jadi pebasket NBA pertama yang mengoleksi seluruh gelar individu bergengsi. Uniknya, ini juga berarti Giannis sukses memenuhi 'tantangan' yang diberikan mendiang lima kali juara NBA, Kobe Bryant.

Seperti yang diketahui, pada pertengahan 2017, yakni setahun usai pensiun, Bryant menuliskan twit untuk menantang beberapa pemain NBA muda untuk tampil lebih baik dan menghadirkan gebrakan-gebrakan di lapangan. Giannis, yang tak disebutkan Bryant, secara iseng meminta tantangan darinya.

"Masih menunggu tantangan untukku... @kobebryant," tulis Giannis, yang kemudian dibalas dua hari kemudian oleh Bryant. "MVP," tulis legenda sekaligus ikon Los Angeles Lakers tersebut. Pada 2019, Giannis pun sukses memenuhi tantangan tersebut.

Usai melihat kesuksesan Giannis itu, Bryant pun memberikan ucapan selamat 'secara halus' dengan menuliskan twit lagi untuknya. "Jagoanku... M.V.P. Sebuah kehebatan. Selanjutnya: gelar juara. #MambaMentality," tulis Bryant, yang meninggal dunia pada akhir Januari 2020 akibat kecelakaan helikopter, hanya beberapa bulan sebelum Giannis kembali merebut gelar MVP kedua.

2 dari 3

'Kalau Kobe Percaya, Saya Harus Bisa'

'Kalau Kobe Percaya, Saya Harus Bisa'
Milwaukee Bucks menjuarai NBA 2020/2021 © AP Photo

Meski begitu, tahun ini, akhirnya Giannis sukses memenuhi tantangan Bryant yang selanjutnya, yakni menjadi juara NBA. Tak hanya itu, ia juga sukses merebut gelar MVP Final. Usai laga, Giannis pun mengenang percakapan singkatnya dengan Bryant kala itu.

"Rasanya sungguh berarti. Ini berawal dari candaan. Saya rasa kala itu ada kaitannya dengan iklan Nike dan ia memberikan tantangan kepada pemain muda. Saya pun berkata, 'Biarkan aku ambil kesempatan. Apa tantangan untukku?' Kala itu, Kobe bilang 'MVP'. Bagi saya, momen itu hanyalah candaan," tutur Giannis seperti yang dikutip dari Twitter NBA TV.

"Namun, Kobe membuat saya percaya. Saya pun berpikir, 'Jika Kobe Bryant merasa aku bisa melakukannya, bisa bermain di level tertinggi dan memimpin timku serta meraih gelar MVP, maka aku harus melakukannya dan bekerja keras'. Tak hanya agar Kobe tak kecewa, melainkan juga demi orang-orang percaya saya bisa melakukannya," lanjut Giannis.

Berkat performa gemilang Giannis dan rekan-rekan setimnya, Bucks pun menjadi tim kelima dalam sejarah NBA yang mampu menjuarai NBA usai sempat tertinggal 0-2 dari sang rival dalam laga final. Mereka juga jadi tim pertama yang mampu merebut gelar usai memenangkan empat laga berikutnya sejak Miami Heat yang membekuk Dallas Mavericks pada 2006.

Sumber: Twitter/KobeBryant, Twitter/NBATV

3 dari 3

Video: Highlight Milwaukee Bucks 123 vs 119 Phoenix Suns | NBA Playoffs 2020/21