IBL Indonesia Perpanjang Penundaan Laga Seri II Bandung 2022 Akibat Covid-19

Anindhya Danartikanya | 3 Februari 2022 11:56
IBL 2022 (c) Bola.com

Bola.net - Manajemen Indonesian Basketball League atau IBL Indonesia 2022 resmi menunda sejumlah pertandingan Seri II Bandung demi mencegah penyebaran Covid-19 di antara pemain dan ofisial. Demikian yang dilansir dari situs resmi kejuaraan pada Kamis (3/2/2022).

Beberapa laga sejatinya sudah ditunda sejak hari pertama, Sabtu (29/1/2022), usai dua pemain Satria Muda Pertamina Jakarta kedapatan positif Covid-19. Namun, seiring waktu, semakin banyak pemain dan ofisial yang terbukti terinfeksi virus ini.

IBL bahkan membatalkan seluruh pertandingan yang seharusnya berlangsung pada Rabu (2/2/2022). "Semua ini harus kami lakukan sesuai dengan pedoman protokol kesehatan dan prosedur mitigasi yang telah IBL tetapkan," kata Dr. Panudju dari RS Royal Sports Medicine, mitra IBL.

1 dari 2 halaman

Wasit Juga Positif Covid-19

Pebasket Dewa United Surabaya, Kaleb Ramot Gemilang (c) Bola.net

Untuk langkah pencegahan yang lebih serius, IBL juga menunda seluruh pertandingan yang seharusnya digelar pada 3, 4, dan 5 Februari 2022. Keputusan inidiambil berdasarkan prosedur yang sudah disusun oleh manajemen kejuaraan.

"Hari Kamis (3/2), Jumat (4/2) dan Sabtu (5/2) kami putuskan untuk tidak mempertandingkan game sebagai upaya menghentikan penyebaran virus Covid-19," kata Junas Miradiarsyah, Direktur Utama IBL.

Beberapa pemain memang mendapatkan hasil positif Covid-19 saat dilakukan PCR berkala. Bahkan hasil serupa juga diterima oleh enam orang wasit yang bertugas di C-Tra Arena. Tes berkala ini dilakukan di tengah periode seri, sesuai prosedur yang telah dilakukan di Seri I Jakarta.

2 dari 2 halaman

Tekad Perpanjang Seri II Bandung

"Meskipun terdapat kasus positif, personel yang sehat sejauh ini lebih banyak dan terdapat juga personel yang awalnya positif telah sembuh dengan hasil negatif. Mengingat musim kompetisi masih panjang, sementara ini demi mencegah dan menghentikan penyebaran, sisa pertandingan seri kedua kami istirahatkan," tegas Junas.

Dr. Panudju pun menyepakati keputusan IBL ini. "Langkah mitigasi seperti ini memang harus dilakukan. Kita juga telah melakukan karantina, isolasi dan pengawasan kepada mereka yang memperoleh hasil positif," ungkapnya.

Selain mitigasi ini, IBL juga membuat rencana untuk memperpanjang Seri II Bandung untuk kembali melanjutkan sisa pertandingan.

Sumber: IBL Indonesia

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR