FOLLOW US:


Kalah dari Filipina, Basket Indonesia Siap Rebut Perunggu

10-12-2019 09:40

 | Anindhya Danartikanya

Kalah dari Filipina, Basket Indonesia Siap Rebut Perunggu
Timnas basket Indonesia di SEA Games 2019. © Bola.com/M Iqbal Ichsan

Bola.net - Timnas basket Indonesia dipastikan gagal lolos ke final SEA Games 2019 usai kalah 70-97 di tangan Filipina dalam babak semifinal di Mall of Asia Arena, Manila, Senin (9/12/2019). Sang pelatih, Rajko Toroman, menyebut kekalahan ini adalah hasil yang realistis.

Timnas sempat memberi perlawanan ketat pada kuarter pertama. Andakara Prastawa dkk. berhasil menempel Filipina dengan skor 20-24. Pada kuarter kedua, timnas sempat sulit mencetak poin. Filipina juga hanya mampu menambah 15 poin dan menutup kuarter dengan 39-28.

Setelah half-time, lini pertahanan timnas terlihat rapuh. Situasi ini dimanfaatkan Filipina untuk mencetak 39 poin di kuarter ketiga dan mempertahankan keunggulan jadi 78-45. Pada kuarter keempat, Indonesia keluar dari tekanan. Beberapa kali Juan Laurent mencetak poin, namun tak cukup hingga laga berakhir dengan 70-97.

1 dari 2

Bakal Rebutkan Perunggu dengan Vietnam

"Kami harus realistis menyikapi kekalahan ini. Filipina adalah tim kuat dan mereka mendapatkan banyak keuntungan hari ini yakni keuntungan bermain di kandang dan mereka juga diisi oleh banyak pemain keturunan Filipina-Amerika," kata Rajko.

"Kami dalam tiga kuarter masih bisa bersaing menghadapi mereka. Itu membuat saya optimistis dengan skema yang kami mainkan. Saya juga merasa sangat optimistis bisa melakukan sesuatu, namun mereka sangat kuat," ujar pelatih asal Serbia itu.

Kekalahan ini membuat timnas basket Indonesia gagal melaju ke final SEA Games 2019. Pada perebutan medali perunggu, Indonesia akan menghadapi Vietnam di tempat yang sama, Selasa (10/12/2019).

2 dari 2

Siap Habis-habisan

Rajko menyebut timnya bakal tampil habis-habisan dalam merebut medali perunggu. Menurut dia, laga memang tak mudah namun semua pemain siap memberikan yang terbaik.

"Saya rasa kami berada di jalur yang tepat. Intinya, kami harus bermain habis-habisan besok. Untuk sekarang, medali perunggu adalah pencapaian yang sudah maksimal," tegas Rajko.

Disadur dari: Bolacom/Penulis: Zulfirdaus Harahap/Editor: Rizki Hidayat/Dipublikasi: 10 Desember 2019