FOLLOW US:


Kalahkan Korsel, China Raih Emas Basket

27-11-2010 07:10
Wang Zhizhi diangkat rekan-rekan timnya.
Wang Zhizhi diangkat rekan-rekan timnya.

Bola.net - Pemain veteran Wang Zhizhi memblok sebuah tembakan dan mencetak angka dengan offensive rebound pada detik-detik terakhir saat China mengalahkan Korea Selatan 77-71 untuk mempertahankan gelar mereka dalam cabang bola basket Asian Games, Jumat.

Aksi Wang tersebut mengakhiri serangkaian tembakan tiga angka yang dilakukan Korea Selatan yang menutup ketinggalan 12 angka pada empat menit terakhir untuk membuat kedudukan 71-74 saat pertandingan tersisa 30 detik.

Pemain klub NBA Dallas Maverick, Wang, yang kemungkinan bermain terakhir kalinya bagi China di Asian Games, memimpin timnya dengan mencetak 20 angka, sementara mantan pemain Los Angeles Laker Sun Yue mencetak 14 angka.

Yang Dong-Guen menjadi pencetak angka terbanyak bagi Korea Selatan dengan 17 angka, termasuk tujuh poin pada kuarter keempat, sementara Kim Joo-Song mencetak 16 angka.

China memulai pertandingan dengan melepaskan banyak tembakan, mencetak keunggulan 27-21 pada kuarter pertama, dengan tujuh angka dari Wang. Namun Korsel berhasil unggul 37-31 pada pertengahan kuarter kedua, sebelum tim tuan rumah bangkit untuk unggul 43-37 akhir paruh kedua pertandingan itu.

Sementara itu pada pertandingan perebutan medali perunggu, Iran mengalahkan Jepang 74-66 dengan dukungan tembakan dari Hamed Afagh, yang mencetak 8 dari 27 angka dia pada kuarter keempat.

Iran unggul sembilan angka pada kuarter terakhir dan menahan kebangkitan Jepang dengan tembakan jarak jauh dari Afagh.

Mahdi Kamrani mencetak 10 angka bagi tim yang menang dan melakukan lima assist dan enam rebound saat Iran membalas kekalahan dari Jepang pada putaran grup lalu. Jepang mendapat 17 angka dari Takumi Ishizaki, sementara Kosuke Takeuchi mencetak 13 angka. (ant/fjr)