FOLLOW US:


Laga Pertama, Timnas Basket Indonesia Kalah di Tangan Korea Selatan

15-08-2018 09:25
Laga Pertama, Timnas Basket Indonesia Kalah di Tangan Korea Selatan
Arki Dikania Wisnu © AFP

Bola.net - Tim nasional bola basket putra Indonesia menjalani laga pertama mereka dalam ajang Asian Games 2018 dengan melawan Korea Selatan di GBK-Hall Basket, Senayan, Jakarta pada Selasa (14/8). Indonesia pun terpaksa kalah dengan skor 104-65, meski telah bertumpu pada dua pemainnya, Andakara Prastawa dan Jamarr Johnson.

Pada kuarter pertama, Korsel berhasil menguasai bola dan unggul 5-0 pada dua menit pertama, dan Indonesia mulai bergerak lewat tembakan tiga angka Xaverius Prawiro. Saat skor mencapai 12-6 pelatih timnas Indonesia, Fictor Roring meminta timeout, yang sayangnya juga tak cukup untuk membalas serangan Korsel. Korsel pun unggul 28-18 di akhir kuarter.

Indonesia pun menjalankan strategi bertahan yang cukup efektif pada kuarter kedua, hingga Korsel kesulitan mencetak angka di tiga menit pertama. Meski begitu, mereka akhirnya menjebol pertahanan Indonesia lewat Sunhyung Kim yang mencetak tembakan dua poin. Kuarter ini berakhir dengan skor 53-31 untuk Korsel.

Jamarr Johnson dan Ricardo Ratliffe (c) AFP

Pasukan Merah Putih pun kian kesulitan mengejar ketertinggalan di kuarter ketiga saat Korsel memperlebar margin skor menjadi 80-45. Hal ini berlanjut di kuarter keempat. Kesulitan semakin besar saat tiga pemain Indonesia, yakni Arki Dikania Wisnu, Adhi Pratama dan Valentino Wuwungan harus keluar lapangan akibat foul out. Korsel pun menang dengan skor 104-65.

Pemain Korsel, Ricardo Ratliffe sukses mencetak angka terbanyak dengan 30 poin, disertai 19 rebound, 6 assist dan 2 steal. Dari Indonesia, Andakara Prastawa mencetak 20 poin, diikuti Johnson dengan 16 poin dan 8 rebound. Timnas Indonesia akan kembali berlaga menghadapi Thailand pada Senin (20/8) mendatang pada pukul 18.30 WIB. (tm/dhy)