FOLLOW US:


Menang di Kandang Warriors, Raptors Rebut Gelar Juara NBA 2019

14-06-2019 11:30

 | Anindhya Danartikanya

Menang di Kandang Warriors, Raptors Rebut Gelar Juara NBA 2019
Toronto Raptors juara NBA 2019. © AP Photo

Bola.net - Toronto Raptors sukses merebut gelar juara NBA pertamanya usai mengalahkan Golden State Warriors dengan skor 114-110 pada Game 6 babak Final NBA 2019 di Oracle Arena, California pada Jumat (14/6) pagi WIB. Mereka unggul 3-2 dalam seri best of seven ini.

Ini adalah gelar juara pertama Raptors, dan mereka pun berhasil menjadi tim non-Amerika Serikat yang mampu menjadi juara NBA. Di lain sisi, ini juga kekalahan kedua Warriors di final dalam lima tahun terakhir, yakni usai dikalahkan Cleveland Cavaliers dengan kedudukan 2-3 pada 2016 lalu.

Kuarter pertama dibuka oleh dua poin dari lay up Kyle Lowry untuk Raptors, dan mereka terus menyerang hingga sempat unggul 11-2. Meski begitu, Warriors terus mengejar hingga Raptors hanya unggul setengah bola dengan skor 33-32 pada akhir kuarter.

Kuarter kedua kembali dibuka oleh Lowry dengan dua tembakan bebas, namun dibalas oleh Shaun Livingston dengan dua poin lewat lay up. Dua tembakan bebas dari Klay Thompson pun membuat Warriors unggul 35-36, namun sejak Serge Ibaka menyumbang dua poin untuk Raptors, Warrios tak bisa mengejar dan kuarter kedua berakhir dengan skor 60-57.

1 dari 2

Makin Panas di Kuarter Tiga

Suasana panas pun semakin terasa pada kuarter ketiga, ketika Warriors berhasil menyamakan kedudukan menjadi 64-64 lewat lay up Thompson. Raptors sempat unggul 76-73, namun Warriors kembali menyamakan kedudukan menjadi 76-76 lewat tembakan tiga poin lagi-lagi dari Thompson.

Sejak itu, Warriors terus unggul atas Raptors, namun petaka melanda mereka usai Thompson mengalami cedera lutut kiri usai melakukan lay up. Usai melakukan dua tembakan bebas dan membuat kedudukan jadi 80-85, Thompson masuk ke ruang ganti pemain dan tak kembali ke lapangan. Kuarter ketiga berakhir dengan skor 86-88 untuk Warriors.

Aksi saling kejar kembali terjadi di kuarter empat. Raptors menyamakan kedudukan menjadi 91 sama lewat tiga poin dari VanVleet, namun dibalas jump shot dari Livingston. Tapi VanVleet kembali menyerang dengan tiga poin berkat umpan Marc Gasol.

2 dari 2

Kawhi Leonard Jadi MVP Final

Kawhi Leonard Jadi MVP Final
Kawhi Leonard (kanan) dijaga ketat oleh Kevin Looney © AP Photo

Kedudukan pun sempat menjadi 99 sama saat laga menyisakan 6 menit. Pertandingan pun ditutup oleh dua tembakan bebas yang dieksekusi oleh Leonard dan Raptors pun unggul dengan skor 114-110. Atas kegemilangan performanya selama enam laga final, Leonard pun didapuk sebagai pemain terbaik (MVP) final tahun ini.

Pascal Siakam dan Kyle Lowry menjadi bintang kemenangan Raptors dengan perolehan 26 poin. Siakam sukses mengoleksi 10 rebound, sementara Lowry memperoleh 7 rebound dan 10 assist. Kawhi Leonard dan Fred VanVleet pun kompak mengoleksi 22 poin.

Di kubu Warriors, Klay Thompson mencetak angka terbanyak dengan 30 poin, disusul Andre Iguodala dengan 22 poin, dan Stephen Curry dengan 21 poin. Draymond Green berhasil mencetak triple-double dengan 11 poin, 19 rebound, dan 13 assist.