Pebasket Top Indonesia Adu Gengsi di Surabaya

07-12-2016 19:44
Pebasket Top Indonesia Adu Gengsi di Surabaya
CLS Knights © Fafa Wahab

Bola.net - Perang bintang akan terjadi di DBL Arena, Surabaya, 9-17 Desember mendatang. Para pemain basket top di Indonesia akan memperkuat tim-tim lokal Kota Pahlawan dalam event Jawa Pos Honda Pro Tournament 2016.

Ada 12 kontestan yang ambil bagian di ajang ini. Para peserta saling berlomba untuk mendatangkan pemain-pemain bintang. Mawar Sharon Eagles Surabaya misalnya. Anggota Divisi 1 Perbasi Kota Surabaya ini menyunting point guard kaliber nasional, Kelly Purwanto.

Sebelumnya, tim yang diarsiteki Agung Sunarko ini juga membawa beberapa pemain profesional, seperti Restu Dwi Purnomo dan Freddy Chen (musim lalu bersama Bimasakti Nikko Steel Malang), serta Erwin Triyono (eks pemain CLS Surabaya). Plus penggawa asing asal Amerika Serikat, yakni Jarron Crump.

Soal keputusan berlabuh ke Mawar Sharon Eagles, Kelly punya beberapa  pertimbangan. "Materi pemainnya lengkap dan kompetitif. Selain itu, karena klub ini berada di bawah naungan gereja. Itung-itung keterlibatan saya ini sebagai bentuk pelayanan," ungkapnya.

Mantan rekan Kelly ketika berbaju Pelita Jaya Jakarta,  Andy ’Batam’ Poedjakesuma juga bakal berpartisipasi pada turnamen memperebutkan Piala Menpora ini. Batam terdaftar dalam roster klub Flying Wheel Makassar. Klub basket tertua di Sulawesi Selatan itu juga mendaftarkan dua pemain asing asal Amerika Serikat, Falando Jones (small forward) dan Tony Freeland (center).

Roster yang tak kalah dahsyat dimiliki Papas Surabaya. Mereka berkekuatan sederet pemain nasional semacam Andrie Ekayana, Mei Joni (Hangtuah Sumsel), Xaverius Prawiro (eks Aspac Jakarta), serta Ary Chandra (eks Pelita Jaya)

Tim yang akan dibesut head coach Kencana Wukir itu akan diperkuat dua pemain Filipina, yakni point guard Jerick Canada dan power forward Mike Parala.

Nama-nama bintang nasional juga mengisi roster BBM Viking Surabaya. Tercatat lima nama dalam roster mereka yang tercatat masih aktif maupun yang baru saja berhenti dari liga basket profesional nasional. Mereka adalah Dimaz Muharri, Ernest Koswara (eks CLS Surabaya), Gege Nagata (eks Pacific Caesar Surabaya), Handoyo Cahyo Saputro, dan Toni Sugiharto (aktif di Hangtuah Sumsel).

Itu belum termasuk deretan pemain muda yang baru saja tampil di PON 2016 Jawa Barat September lalu. Tercatat, ada tiga pemain tim Jawa Tengah yang bakal membela BBM. Mereka adalah Habib Ahmeda Annur, Yosua Christian Angga Sulistyo, dan Rico Aditya Suharno.

Keseriusan memperkuat roster seperti yang dilakukan Mawar Sharon Eagles, BBM Viking, serta Flying Wheel Makassar tersebut, pantas diwaspadai oleh tim-tim basket profesional yang juga akan berpartisipasi pada turnamen ini. Antara lain, Aspac, Stadium, NSH (Jakarta), Pacific Caesar Surabaya, serta Satya Wacana Salatiga.

Pacific yang bakal tampil di hadapan publik sendiri memasukkan pemain impor ke dalam roster-nya. Yakni, Kevin Loiselle asal Kanada dan Dior Alexandros Lowhorn asal Amerika Serikat (AS). Loiselle saat ini sudah bergabung dengan pemain Pacific lainnya untuk mempersiapkan diri. Forward 28 tahun itu tercatat pernah masuk NBL All-Star Kanada pada 2014.

Sementara itu, Aspac Jakarta turun dengan roster terbaiknya seperti saat menjuarai NBL Indonesia musim 2013-2014. Plus, dukungan center dengan tinggi 200 sentimeter asal Amerika Serikat, Anthony Ray Hargrove Jr. (faw/asa) 

Rekomendasi Pilihan



Akses Bola.net melalui https://m.bola.net/ pada browser ponsel Anda.


Tag basket



Lihat Berita Basket

- - -