Peserta Terbaik Jr. NBA Dikirim ke Selection Camp

26-02-2017 01:37
Peserta Terbaik Jr. NBA Dikirim ke Selection Camp
Program Jr. NBA © Fitri Apriani

Bola.net - Jr. NBA menggelar program school clinic visit di sejumlah sekolah di Surabaya. Nantinya, para peserta terbaik di program tersebut akan diikutkan dalam selection camp di Jakarta pada bulan Maret mendatang.

Program ini sudah berlangsung sejak 20 Februari lalu. Untuk hari Sabtu (25/2) ini, program tersebut dilangsungkan di Intan Permata Hati (IPH) School, Surabaya.

Kurang lebih 350 murid dari sejumlah sekolah di Surabaya, berusia 5-14 tahun, hadir di IPH. Mereka dengan antusias melahap berbagai program latihan yang disuguhkan tim pelatih dari Jr. NBA. Apalagi program yang berlangsung dua jam itu dikemas dengan menarik.

Sejak dimulainya acara tersebut pada pukul 14.00 WIB, anak-anak tersebut diajarkan teknik-teknik dasar basket. Mulau up, cara shooting yang benar, dribbling station (cara menggunakan jari untuk men-drible dengan benar), NBA feet (pergerakan kaki), cara melakukan passing, hingga cara melakukan water station (istirahat).

Anak-anak tersebut tak asal berlatih. Semua instruksi mereka jalankan dengan sigap. Pasalnya, akan ada tim penilai yang menyeleksi mereka untuk diikutkan dalam selection camp Maret mendatang di Jakarta. Hal tersebut diungkapkan oleh Head Coach Clinic School, Lucky Richard Pinontoan.

"Kebetulan saya ini di Jr. NBA bertugas untuk memantau peserta yang berhak untuk masuk ke Selection Camp di Jakarta. Saat ini sudah ada enam peserta yang lolos ke Jakarta, tiga putra dan tiga putri," ujar Lucky.

Kemudian, Lucky menjelaskan apa saja kriteria yang mereka gunakan untuk memilih para pemain tersebut. Mereka dipilih berdasarkan empat kriteria yang disebut STAR: Sportsmanship, Teamwork, Positive Attitude, dan Respect.

"Jadi kami melihat empat hal itu dari seluruh peserta yang hadir tadi. Kalau tidak ada unsur itu sudah pasti tidak akan masuk," tegas Lucky.

Setelah Surabaya, program Jr. NBA akan digelar di Bandung pada 27 Februari hingga 3 Maret 2017. Kemudian program tersebut akan dilangsungkan pula di Jakarta 25-26 Maret mendatang di Cilandak Sport Center, Jakarta Selatan.

Rangkaian kegiatan di ibukota itu antara lain tip-off ceremony, juga ada coaches clinic, dan open clinic bagi anak-anak seluruh Indonesia. Namun khusus Jakarta, para peserta dan pelatih/guru olahraga bisa langsung mendaftar dengan sistem first come-first serve di website Jr. NBA.

Jakarta sendiri menjadi tahapan pertama dari program Jr. NBA yang sesungguhnya. Nantinya ada 1.000 peserta terbaik dipilih untuk masuk selection camp di Jakarta pada 26 Agustus, dan keesokan harinya dipangkas kembali sampai terpilih 100 peserta terbaik berusia 10-14 tahun.

Mereka akan mengikuti national training camp selama tiga hari di Jakarta pada 8-10 September dan akan diseleksi kembali menjadi 40 anak laki-laki dan 24 peserta perempuan. National Training Camp ini akan dipandu oleh Jr. NBA Head Coach dan dibantu oleh pelatih profesional lainnya.

Puncak dari National Training Camp ini akan melibatkan 16 anak yang terdiri dari 8 putra dan 8 putri terbaik untuk mewakili Jr. NBA Indonesia 2017 All Star. Mereka akan mengikuti NBA Experience dan berkesempatan merasakan pengalaman unik NBA di luar negeri bersama Jr. NBA All- Star dari negara lain di Asia Tenggara. (fit/dzi)

Rekomendasi Pilihan



Akses Bola.net melalui https://m.bola.net/ pada browser ponsel Anda.



Lihat Berita Basket

- - -