FOLLOW US:


Tujuh Klub Basket Putri Bikin Kompetisi Basket Mandiri

31-01-2017 15:31
Tujuh Klub Basket Putri Bikin Kompetisi Basket Mandiri
Ilustrasi basket © ist

Bola.net - Gara-gara dihapusnya penyelenggaraan Women's Indonesian Basketball League (WIBL) oleh pihak promotor, sejumlah tim memutar otak agar kompetisi basket putri tetap berlangsung. Mereka gotong royong untuk menyelenggarakan kompetisi di tahun 2017 ini.

Penyelenggaraan Indonesian Basketball League (IBL) 2017 memang berbeda. Tidak ada lagi WIBL yang selama ini menjadi wadah kompetisi untuk pebasket putri. Agar peredaran basket putri tidak berhenti, sebanyak tujuh klub membuat kejuaraan dengan tajuk Honda Merpati Bali Women Basketball Challenge 2017.

Tujuh klub peserta dibagi dalam dua grup. Pool A diisi oleh Merah Putih Predator Jakarta, Tenaga Baru Pontianak, Surabaya Fever dan Flying Wheel Makassar. Sedangkan di Pool B ada klub Merpati Bali, Sahabat Semarang dan Tanago Friesian Jakarta

Kompetisi ini akan digelar dalam tiga seri. Tuan rumah penyelenggara berhak menamakan title kompetisi sesuai dengan nama sponsor yang mereka dapatkan, menggunakan nama event dari asal klub penyelenggara. Untuk babak playoff dan grand final akan memperebutkan Piala Perbasi.

Seri pertama dari kejuaraan ini akan digelar di markas Merpati Bali. "Panitia sudah siap untuk menyelenggarakan seri I. Semoga seri I ini bisa menjadi acuan atau tolak ukur untuk penyelenggaraan di seri berikutnya agar lebih baik lagi," harap Deddy Setiawan, owner Merpati Bali.

Karena sudah berpisah dari IBL, Deddy berharap kompetisi bola basket putri semakin mandiri, dan diminati oleh para penonton. "Semoga gaung kompetisi sektor putri bisa 'dijual', baik secara pemberitaan, pertandingan dan liganya juga mendapatkan minat dari para sponsor," ucapnya (faw/dzi)