Brasil Jadikan Rafael Sebagai Kambing Hitam

Bola.net | 13 Agustus 2012 20:40
Rafael. (c) AFP
- Sehari setelah kalah di final sepak bola Olimpiade dari , otoritas sepak bola negara tersebut mengambil langkah yang tidak biasa dengan menyalahkan bek .


Operan lemah dari bek Manchester United itu membuka terjadinya gol pertama Meksiko saat pertandingan baru berlangsung 29 detik.


Brasil kesulitan untuk bangkit setelah tersengat di menit pertama, dan kemasukan gol kedua pada menit ke-74.


Penyerang FC Porto, , mencetak satu gol pada masa "injury time", namun gol itu tidak cukup bagi Brasil, yang meski telah lima kali menjuarai Piala Dunia tetapi belum pernah meraih medali emas Olimpiade.


Konfederasi Sepak Bola Brasil (CBF) pada Minggu menyalahkan Rafael (21) dengan melontarkan kritik melalui situs resmi mereka, dengan berkata:


"Bek kanan Rafael tahu bahwa ia membuat kesalahan yang membuat terjadinya gol pertama Meksiko pada final sepak bola Olimpiade di pesta olahraga London 2012."


"Tidak ada yang menyangkal hal itu. Meski demikian, dengan skil dan determinasi dia, pemuda nomor punggung 2 itu tidak dapat dinodai dengan kesalahan."


Kritikan dari para ofisial kontras dengan sikap yang diperlihatkan sebagian besar pemain dan pelatih, yang kebanyakan membela pemain muda tersebut.


Pelatih Mano Menezes menegaskan bahwa Brasil memiliki 89 menit untuk menyamakan kedudukan, dan mereka tidak dapat melakukannya.


Sedangkan penyerang Brasil, , mengatakan setiap pemain, termasuk dirinya, berbagi tanggung jawab terhadap kekalahan itu. (afp/lex)

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR