FOLLOW US:


CONMEBOL Benarkan Adanya Gangguan Pada VAR di Laga Brasil vs Argentina

04-07-2019 06:21

 | Yaumil Azis

CONMEBOL Benarkan Adanya Gangguan Pada VAR di Laga Brasil vs Argentina
Sergio Aguero saat berlaga di pertandingan antara Brasil vs Argentina di semifinal Copa America 2019. © AP Photo

Bola.net - Ada sedikit kontroversi yang menyelimuti laga semifinal Copa America 2019 antara Brasil melawan Argentina pada hari Rabu (3/7) kemarin. Diketahui bahwa perangkat video assistant referee (VAR) mengalami masalah sebelum pertandingan dihelat.

Setelah pertandingan, Lionel Messi selaku kapten Timnas Argentina melayangkan rasa frustrasinya kepada wasit yang memimpin laga tersebut. Pemain Barcelona tersebut mengatakan bahwa keputusan pemimpin pertandingan lebih menguntungkan Selecao.

Ia merujuk pelanggaran yang dilakukan oleh bek Brasil, Dani Alves, kepada rekan setimnya, Sergio Aguero, di kotak terlarang. Namun wasit tidak mengindahkan permintaan pemain Albiceleste untuk melihat tayangan ulang melalui VAR.

Saat itu Argentina sedang tertinggal satu gol berkat gol Gabriel Jesus pada menit ke-19. Tak lama setelah insiden tersebut, Brasil berhasil menggandakan keunggulan melalui aksi Roberto Firmino dan meraih kemenangan dengan skor 2-0.

Kontroversi pun berlanjut. Federasi sepak bola Amerika Selatan, CONMEBOL, membenarkan bahwa sistem VAR mengalami gangguan. Namun itu tidak berhubungan dengan keluhan Argentina karena gangguan itu sudah teratasi sebelum pertandingan dimulai.

Dengan demikian, tanggung jawab atas insiden itu tetap dipangku oleh sang wasit, Robby Zambrano, dan Leodan Gonzalex selaku pimpinan tim video peninjau ulang. Namun hasil pertandingan 2-0 tetap tak bisa diganggu gugat, dan Brasil pun dinyatakan lolos ke babak final.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 1

Karena Presiden Brasil

Menurut laporan Globo Esporte, permasalahan yang terjadi kepada VAR disebabkan oleh kedatangan Presiden Brasil, Jair Bolsonaro. Seperti yang diketahui, ia hadir di stadion Mineirao untuk memberikan dukungan kepada Philippe Coutinho dkk.

Bolsonaro tiba di stadion dengan tim keamanan yang menggunakan radio komunikasi khusus. Ternyata, frekuensi yang ditimbulkan oleh alat komunikasi khusus tersebut berdampak buruk kepada perangkat wasit.

Terlepas dari permasalahan VAR, Copa America 2019 ini juga dikritik lantaran kualitas stadion yang buruk. Keluhan pernah terlontar dari mulut Messi usai membela Argentina melawan Venezuela dalam laga perempat final hari Sabtu (29/6) lalu.

"Saya tak menjalani Copa America terbaik saya. Jujur, lapangannya sangat buruk. Sangat sulit untuk mengontrol dan menggiring bola," ujar Messi seusai laga seperti dikutip Goal International..