FOLLOW US:


Hasil Pertandingan Final Piala Afrika 2017: Mesir 1-2 Kamerun

06-02-2017 04:26
Hasil Pertandingan Final Piala Afrika 2017: Mesir 1-2 Kamerun
Kamerun vs Mesir. © AFP

Bola.net - Dua Pemain Pengganti Bawa Kamerun Juara Afrika

Pertandingan final Piala Afrika 2017 mempertemukan Mesir melawan Kamerun. Pertandingan ini dilangsungkan di Stade d'Angondjé, Libreville pada hari Senin (06/02).

Mesir sebenarnya memiliki peluang untuk mendominasi pertandingan tetapi mereka memilih untuk bermain dalam tempo rendah lantaran unggul lebih dulu. Mesir mencetak gol pada menit ke-22 lewat Mohamed Elneny. Kamerun mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-59 lewat Nicolas N'Koulou. Gol kemenangan Kamerun dicetak oleh Vincent Aboubakar pada menit ke-88.

Mesir langsung tampil dominan sejak awal pertandingan. Mereka memiliki keunggulan teknis di lini tengah yang sulit ditandingi oleh para penggawa Kamerun. Mesir juga lebih rapi dalam membangun serangan dan bisa bermain dari kaki ke kaki.

Kerjasama apik Mesir membuahkan gol pada menit ke-22. Mohamed Salah memberikan umpan daerah kepada Elneny di sisi kanan kotak penalti Kamerun. Elneny tidak mendapatkan pengawalan ketat karena ia posisinya berada di sudut akut. Namun Elneny menghukum kelengahan Kamerun itu dengan tembakan keras yang bersarang di pojok gawang Ondoa. Skor ini bertahan sampai jeda.

Memasuki babak kedua, Kamerun semakin bernafsu menyerang untuk menyamakan kedudukan sementara Mesir lebih memilih bertahan dan menurunkan tempo permainan. Hal ini menjadi senjata makan tuan bagi Mesir.

Kamerun mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-59 lewat pemain pengganti; Nicolas N'Koulou. Mendapatkan umpan dari Moukandjo, N'Koulou menyundul bola masuk ke gawang El Hadary.

Mesir berusaha bangkit dan coba meningkatkan tempo permainan, tetapi Kamerun terlanjur nyaman mengendalikan permainan. Kamerun mengurung pertahanan Mesir dan melepas banyak tembakan yang masih off target.

Upaya Kamerun akhirnya berbuah hasil pada menit ke-88. Mendapatkan umpan jauh dari Sebastien Siani, Aboubakar mengendalikan bola dengan indah sebelum melepas tembakan terarah yang membuat kiper lawan mati langkah. Skor ini bertahan sampai laga usai.

Kamerun menang 2-1 dan menjadi juara Afrika 2017.

Susunan pemain Mesir: Essam El Hadary, Ahmed Fathy, Ahmed Hegazi, Ali Gabr, Mohamed Salah, Mohamed El Nenny, Ahmed El Mohamady, Tarek Hamed, Amr Warda, Trezeguet (Sobhi, 66')and Abdalla El Said.   

Susunan pemain Kamerun: Ondoa, Onyongo, Ngadeu-Ngadjui, Fai, Teikeu (N'Koulou), Siani, Sutchuin Djourn, Bassogog, Zoua (Mandjeck, 90'), Moukandjo and Tambe (Aboubakar, 46'). (bola/hsw)