FOLLOW US:


Menpora Lepas Tim Indonesia ke Kejuaraan SCWC di Rusia

08-05-2018 17:39
Menpora Lepas Tim Indonesia ke Kejuaraan SCWC di Rusia
Menpora Imam Nahrawi bersama delegasi tim Indonesia yang akan bertanding pada kejuaraan Street Child World Cup (SCWC). © Fitri Apriani

Bola.net - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi melepas rombongan delegasi tim Indonesia yang akan bertanding pada kejuaraan Street Child World Cup (SCWC). Kompetisi yang diperuntukkan bagi anak jalanan ini bakal dihelat di Moscow, Rusia, 10-18 Mei 2018.

Acara pelepasan digelar di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Selasa (8/5). Rencananya, tim Garuda Baru akan berangkat ke Rusia pada Rabu, (9/5) besok.

Imam mengaku bersyukur bisa langsung melepas rombongan delegasi yang akan berjuang pada kejuaraan tersebut. Menurutnya, tim Garuda Baru memiliki potensi dan mampu bersaing dengan negara-negara lainnya.

"Potensi sekecil apapun anak negeri harus dimanfaatkan, didorong, dipromosikan dipublikasikan agar mereka tidak stuck dalam posisi yang terhimpit. Tetapi sebaliknya mereka yakin dalam dirinya ada potensi besar yang dimanfaatkan. Lebih lebih mereka akan membawa nama harum Indonesia," ujar Imam.

Lebih lanjut, Menteri asal Bangkalan, Jawa Timur ini berharap nantinya akan bergulir kompetisi untuk anak jalanan. "Anak-anak ini menjadi inspirasi baru bagi anak jalanan yang lain. Kedepan semoga bisa dirintis liga sepakbola anak jalanan," harap Imam.

Sementara itu, Ketua Rombongan Delegasi, Mahir Basayut mengatakan bahwa para pemain ini berasal dari keluarga yang tidak mampu. Oleh sebab itu, dia berharap tim Garuda Baru bisa menunjukkan kepada masyarakat bahwa mereka yang dipandang sebelah mata bisa membawa nama harum Indonesia.

"Diharapkan juga dapat menginspirasi anak jalanan lainnya sekembalinya dari Rusia anak-anak juga tidak lagi kembali ke jalan," katanya.

Sementara itu pengundian grup akan dilakukan pada Jumat, (11/5). Beberapa Negara yang ambil bagian dalam SCWC 2018 ini antara lain Belarus, Bolivia, Brazil, Burundi, Canada, Mesir, Inggris, India, Indonesia, Kenya, Liberia, Mauritius, Mexico, Nepal, Uzbekistan, Russia, Pakistan, Filipina, Tanzania, Tajikistan, Amerika.