FOLLOW US:


Untuk Messi yang Tak Pernah Raih Piala Dunia, Obama Punya Saran

29-05-2019 23:00

 | Lionel Messi

Untuk Messi yang Tak Pernah Raih Piala Dunia, Obama Punya Saran
Lionel Messi mendapat penghargaan Creu de Sant Jordi dari pemerintah Catalonia © AP Photo

Bola.net - Pamor Lionel Messi sebagai pesepakbola terkenal telah mengundang perhatian dari berbagai kalangan, tak terkecuali Barack Obama. Eks presiden Amerika Serikat tersebut punya sedikit saran untuk bintang Barcelona itu.

Pria beurmur 57 tahun itu bersedia untuk diwawancara mengenai sepak bola, yang terbilang cukup jarang ia lakukan. Obama lalu memberikan sedikit pandangannya soal perjalanan Lionel Messi bersama Timnas Argentina.

Hampir semua trofi telah dipersembahkan Messi kepada Barcelona. Bahkan, gelar Ballon d'Or pun berhasil disabet sebanyak lima kali. Tapi anehnya, tak pernah sekalipun trofi Piala Dunia ataupun Copa America yang lahir dari kerja keras Messi.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2

Saran dari Obama

Terakhir, perjalanan Argentina bersama Messi terhenti di babak 16 besar. Setelah berjuang keras, mereka tetap saja kalah dengan skor 3-4 atas Prancis yang kemudian keluar sebagai juara. Hasil buruk itu membuat sang pelatih, Jorge Sampaoli, kehilangan pekerjaannya.

Itu bukan satu-satunya kegagalan Messi di pentas internasional. Pada tahun 2014, juga di ajang yang sama, Argentina hanya mendapatkan harapan palsu setelah kalah atas Jerman dengan skor tipis 0-1. Belum lagi dengan kegagalan di ajang Copa America.

Serangkaian kegagalan itu lantas mengundang perhatian Barack Obama. Ia lalu memberikan sedikit saran kepada pria berumur 33 tahun tersebut serta Timnas Argentina yang bermain terlalu Messi-sentris.

"Bahkan orang-orang yang kami anggap jenius bekerja dengan orang lain demi mengembangkan gayanya. Di Argentina, walaupun Messi luar biasa, mereka punya masalah di Piala Dunia," tutur Obama seperti yang dikutip dari Goal International.

"Saran saya kepada anak muda adalah kami harus sadar bahwa sangat sedikit orang yang mampu mencapai kesuksesan dengan dirinya sendiri," tandasnya.

2 dari 2

Argentina di Copa America

Saat ini, Messi sedang berupaya untuk membantu Argentina meraih gelar Copa America. Saat ini, skuat berjuluk Albiceleste itu tergabung dalam grup B bersama Kolombia, Paraguay, serta tim tamu, Qatar.

Sebelumnya ia sempat mengalami keterpurukan, sampai menolak panggilan dari Lionel Scaloni untuk memperkuat Argentina di laga-laga pasca Piala Dunia 2018 lalu. Untungnya, ia masih bersedia untuk bergabung dengan Sergio Aguero dkk.

Argentina masih harus menghadapi Nicaragua dalam laga uji coba sebelum bertolak ke tempat penyelenggara Copa America, Brasil. Pertandingan pertamanya sendiri baru akan berlangsung pada 16 Juni mendatang, dengan Kolombia sebagai lawannya.