FOLLOW US:


11 Peran Penting, Inilah Arti Tradisional Nomor Punggung 1-11 dalam Sepak Bola

01-11-2019 14:30

 | Richard Andreas

11 Peran Penting, Inilah Arti Tradisional Nomor Punggung 1-11 dalam Sepak Bola
Lionel Messi, Argentina © AP Photo

Bola.net - Nomor punggung selalu menjadi salah satu daya tarik dalam dunia sepak bola, ikonik. Lionel Messi tampak pas dengan nomor 10, Cristiano Ronaldo setia dengan nomor 7, Gianluigi Buffon nomor 1, Paolo Maldini nomor 3, Ronaldo Nazario nomor 9, dan masih banyak lagi.

Pernahkah Anda bertanya-tanya, mengapa nomor tertentu begitu melekat pada pemain-pemain di posisi tertentu. Misalnya nomor 10, hampir tidak ada bek yang mengenakan nomor 10. Lazimnya, nomor 10 adalah miliki playmaker atau penyerang.

Untuk memahami fenomena ini, kita harus mundur puluhan tahun ke belakang pada sejarah terciptanya sepak bola. Saat itulah nomor punggung mulai terkait dengan satu peran tertentu.

Apa saja? Mengutip Goal internasional, baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 11

No. 1

Jersey nomor punggung 1 umumnya digunakan kiper utama dalam suatu tim, hampir tidak pernah diberikan pada pemain-pemain outfield. Angka ini begitu melekat pada nama-nama hebat seperti Iker Casillas, Oliver Kahn, dan Gianluigi Buffon.

2 dari 11

No. 2

Sering digunakan bek, khususnya bek kanan. Gary Neville mengenakan nomor punggung ini pada karier panjangnya di Old Trafford bersama Manchester United. Nama-nama lain yang terkenal ada Cafu dan Ivan Cordoba.

3 dari 11

No. 3

Kostum nomor 3 juga sering digunakan bek, umumnya bek kiri. Selain Maldini, ada Ashley Cole dan Roberto Carlos yang mengenakannya.

4 dari 11

No. 4

Nomor punggung 4 biasanya digunakan bek tengah, khususnya bek-bek tangguh dalam duel-duel udara. Saat ini ada bek Real Madrid, Sergio Ramos yang terlihat cocok mengenakan angka ini.

5 dari 11

No. 5

Angka lainnya untuk bek tengah, pasangan nomor 4. Ada beberapa nama legendaris yang mengenakan nomor ini, seperti Carles Puyol, Fabio Cannavaro, dan Franz Beckenbauer.

6 dari 11

No. 6

Kostum nomor 6 mengalami pergeseran makna. Dahulu sering dikenakan bek-bek tengah atau bek kiri. Namun, nomor 6 tampaknya lebih cocok dikenakan gelandang, seperti yang dicontohkan Xavi selama membela Barcelona. Dewasa ini, nomor 6 pun lebih akrab dikenakan gelandang.

7 dari 11

No. 7

Nomor punggung 7 tampaknya hanya bisa dikenakan penyerang-penyerang sayap cepat dan second steriks, merski ada beberapa pengecualian. Angka ini sanga cocok digunakan Cristiano Ronaldo, yang bahkan sampai mengenalkan brand CR7.

Selain Ronaldo, pengguna populer lainnya adalah David Beckham, Erick Cantona, dan Raul Gonzalez.

8 dari 11

No. 8

Nomor 8 tepat digunakan gelandang agresif. Biasanya gelandang yang rajin mencetak gol atau mampu menjaga kestabilan permainan bakal mengenakan nomor puinggung ini.

Mantan pemain Liverpool, Steven Gerrad merupakan satu nama khas pengguna nomor ini. Juga ada Frank Lampard dan Andres Iniesta.

9 dari 11

No. 9

Angka ini biasanya dikenakan striker utama sebuah tim, nomor 9 adalah tanda bahwa pemain itu jago mencetak gol. Di tim mana pun, nomor 9 selalu merepresentasikan ancaman mereka menjebol gawang lawan.

Fernando Torres pernah membuat kesan kuat dengan mengenakan momor ini. Juga masih ada Luis Suarez, Karim Benzema, dan Robert Lewandowski.

10 dari 11

No. 10

Awalnya, nomor 10 diberikan pada playmaker suatu tim atau gelandang serang mereka. Nomor ini adalah nomor paling 'berat' di dunia sepak bola, tidak bisa dikenakan sembarang pemain.

Saat ini, ada Lionel Messi dan Eden Hazard yang pantas mengenakan nomor 10. Dahulu ada nama Johann Cruyff dan Pele yang melegenda.

11 dari 11

No. 11

Kostum nomor 11 biasanya digunakan penyerang sayap, umumnya sayap kiri. Ryan Giggs pernah memberikan makna yang kuat pada nomor ini, juga Didier Drogba saat masih membela Chelsea, dan Neymar di Barcelona.

Sumber: Goal