FOLLOW US:


Barcelona Catatkan Rekor Pendapatan, Tapi Untung Malah Menurun

19-07-2017 10:53
Barcelona Catatkan Rekor Pendapatan, Tapi Untung Malah Menurun
Jersey tandang Barcelona musim 2017/18 © Barcelona Twitter

Bola.net - Barcelona disebut telah berhasil mencatatkan rekor pendapatan pada musim 2016-17. Menurut hitung-hitungan yang dilakukan oleh Palco 23, Barcelona bahkan mencetak rekor sebagai klub dengan pendapatan terbesar pada musim lalu.

Barcelona disebut sebagai klub pertama yang berhasil mencatatkan penghasilan di atas 700 juta euro untuk satu musim. Lebih tepatnya, Barcelona berhasil mengumpulkan penghasilan sebesar 708 juta euro musim lalu, naik 4,3 persen dari 695 juta euro pada musim sebelumnya.

Tetapi penghitungan di atas memasukkan dana dari penjualan pemain ke dalam perhitungan. Kebanyakan klub lain, termasuk dua klub super kaya Manchester United dan Real Madrid, tidak mencantumkan uang dari hasil penjualan pemain dalam pos pendapatan mereka di akhir musim.

Namun peningkatan pendapatan Barca tidak berbanding lurus dengan keuntungan yang mereka dapat. Musim lalu Barcelona hanya mencatatkan untung sebesar 18 juta euro, mengalami penurunan tajam sebesar 38 persen dari musim sebelumnya sebesar 29 juta euro. Pada awal musim, proyeksi keuntungan Barcelona adalah 36 juta euro. Petinggi klub belum buka suara mengenai penyebab gagalnya mereka mencapai target.

Beralih ke sisi utang, Barcelona sudah berhasil mengurangi utang mereka menjadi 247 juta euro, turun 24,5 juta euro dari musim sebelumnya. meski jumlahnya masih besar, tetapi jumlah utang ini masih dianggap sehat karena mereka memiliki penghasilan yang cukup besar untuk bisa mengatasinya.

Barcelona masih akan berusaha untuk menurunkan jumlah utang mereka di bawah angka 200 juta euro sebelum proyek besar untuk merenovasi Camp Nou dimulai. Barca mungkin akan mulai berhemat dengan menjual beberapa pemain bergaji besar mulai musim panas ini.

Barcelona sendiri sudah menunjuk Aramark sebagai kontraktor dan operator untuk merenovasi Camp Nou dan membangun Palau Blaugrana. Kontrak itu akan berlangsung selama tiga tahun dengan opsi perpanjangan selama dua tahun lagi.