FOLLOW US:


Bawa Mesir ke Piala Dunia, Mohamed Salah Diabadikan Jadi Nama Sekolah

10-10-2017 20:25

 | Mohamed Salah

Bawa Mesir ke Piala Dunia, Mohamed Salah Diabadikan Jadi Nama Sekolah
Mohamed Salah © FIFA

Bola.net - Sebuah sekolah di Mesir langsung mengganti namanya menjadi Mohamed Salah setelah pemain tersebut menjadi pahlawan atas keberhasilan The Pharaoh lolos ke Piala Dunia 2018.

Mesir menjalani pertandingan krusial melawan Kongo pada hari MInggu kemarin di Borg El Arab dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2018 grup E zona Afrika. Sebab kemenangan akan mengunci tiket bagi mereka untuk lolos ke Rusia tahun depan.

Mesir unggul lebih dahulu pada menit 63 melalui sontekan Salah. Namun Arnold Bouka Moutou bisa membuat kedudukan berubah menjadi 1-1.

Laga itu kemudian nampaknya akan berakhir dengan hasil imbang. Akan tetapi Salah kemudian muncul sebagai pahlawan dengan mencetak gol pada menit 95 setelah eksekusi penaltinya tak bisa dibendung kiper Kongo.

Gol itu langsung membuat para pecinta bola di Mesir girang tak karuan. Sebab timnas mereka akhirnya bisa masuk ke Piala Dunia, setelah terakhir kali melakukannya pada tahun 1990 silam.

Salah pun langsung didapuk menjadi pahlawan atas kesukesan tersebut. Pemain Liverpool ini pun banjir pujian dari berbagai pihak.

Bahkan ada satu pujian yang pasti akan membuat Salah terharu. Pujian itu berupa pengubahan sebuah nama sekolah di kota Basyoun. Sekolah itu langsung mengubah namanya menjadi "Mohamed Salah".

Menurut laporan Kingfut, Gubernur Gharbia, Ahmed Deif mengatakan sekolah itu sendiri merupakan tempat Salah dahulu menimba ilmu. Basyoun sendiri adalah kota kelahiran Salah 25 tahun yang lalu.

Salah sendiri tampil memesona bagi Mesir di sepanjang digelarnya babak kualifikasi tersebut. Total ia mencetak lima gol dan dua assist dalam lima pertandingan.

Total, dari 56 laga bersama timnas Mesir, ia sudah mengoleksi 32 gol. Ia pun berkesempatan untuk bisa memecahkan rekor gol terbanyak di timnas Pharaoh yang dipegang oleh Hossam Hassan dengan torehan 69 gol.