FOLLOW US:


Bikin Video Candaan Soal Virus Corona, Dele Alli Akhirnya Minta Maaf

10-02-2020 18:55

 | Dimas Ardi Prasetya

Bikin Video Candaan Soal Virus Corona, Dele Alli Akhirnya Minta Maaf
Dele Alli © AP Photo

Bola.net - Gelandang Tottenham Dele Alli akhirnya mengucapkan permintaan maaf setelah ia membuat video candaan soal virus Corona.

Video itu ia buat saat tengah berada di Bandara Heathrow di London tengah pekan kemarin. Saat itu pemain berusia 23 tahun tersebut hendak bertolak ke Dubai.

Ia memulai videonya via Snapchat dengan kamera menghadap mukanya yang saat itu tengah memakai masker. Ia juga menuliskan sebuah caption: "Apaaa Corona, tolong dengarkan dengan volume [dibesarkan]."

Saat itu terdengar sekelompok orang tengah berbicara dengan bahasa China. Alli lantas membalikkan kameranya dan mulai memfilmkan seorang pria asal Asia yang tengah menunggu pesawat di sebuah lounge.

Alli kemudian sempat memperbesar gambar pria Asia tersebut, yang tampak tengah sibuk dengan ponselnya dan tak sadar bahwa ia direkam oleh eks pemain MK Dons tersebut. Alli kemudian menyorot sebuah botol yang berisi cairan anti septik untuk membersihkan tangan.

Ia kemudian memberikan caption: "virus ini harus [bergerak] lebih cepat dari pada itu agar bisa mengejar saya."

1 dari 2

Panen Kecaman

Video itu kemudian dikirimkan oleh Dele Alli kepada beberapa rekannya. Namun setelah itu banyak orang yang mengetahui video tersebut.

Alli pun akhirnya panen kecaman. Ia dianggap bersikap rasis pada orang Asia dan membuat candaan yang tidak pantas terkait virus Corona.

“Sama sekali tidak pantas untuk memfilmkan pria ini dan membuat lelucon tentang coronavirus. Orang-orang sekarat di seluruh dunia dan rasisme semacam ini hanya akan menyulut api," ucap seorang sumber yang dilansir oleh Daily Star.

Kasus rasisme pada orang-orang asal Asia di Inggris sendiri meningkat belakangan ini. Hal itu terjadi semenjak merebaknya virus Corona tersebut di Wuhan.

2 dari 2

Permintaan Maaf Dele Alli

Video tersebut akhirnya dihapus oleh Dele Alli. Ia kini membuat video baru yag ia unggah ke akun media sosial asal China, Weibo.

Dalam video tersebut, ia mengucapkan permintaan maaf atas candaannya soal virus Corona tersebut. Ia juga mengaku menyesali tindakannya itu.

“Saya menyesal memposting video di Snapchat saya dan saya segera menghapusnya ketika saya menyadari bahwa itu dapat membuat orang-orang tersinggung."

“Ini sama sekali bukan niatan saya. Bagi siapa pun yang tersinggung, saya ingin menyampaikan permintaan maaf yang tulus."

Dele Alli sendiri mungkin tidak menyadari bahwa Virus Corona itu telah terdeteksi muncul di Inggris. Sejauh ini ada empat kasus yang telah terdeteksi di negeri Ratu Elizabeth tersebut.

(daily star)