FOLLOW US:


Buku Memoar Sepak Bola Presiden Madura United Resmi Diluncurkan

16-10-2020 04:40

 | Ari Prayoga

Buku Memoar Sepak Bola Presiden Madura United Resmi Diluncurkan
Achsanul Qosasi © Fitri Apriani

Bola.net - Presiden Madura United, Achsanul Qosasi dikenal sebagai salah satu tokoh yang telah malang-melintang di dunia sepak bola Indonesia. Kisah perjalanan hidup pria yang akrab disapa AQ ini dicurahkan lewat buku berjudul: 'Achsanul Qosasi: 10.01 Cerita Bola: dari Madura, Moscow Hingga Liverpool'.

AQ mengatakan, dalam buku setebal 120 halaman dengan full color yang dikemas secara indah tersebut akan diceritakan kisah hidupnya yang berkaitan dengan dunia sepak bola. Ia menuturkan, buku ini merupakan salah satu bentuk kecintaannya terhadap sepak bola.

Buku memoar sepak bola Achsanul Qosasi (c) Fitri Apriani
Buku memoar sepak bola Achsanul Qosasi (c) Fitri Apriani

"Ini cerita perjalanan saya di dunia sepak bola, detail dan disampaikan dengan dukungan foto-foto," ujar AQ, dalam rilis yang diterima Bola.net.

"Gue bisa gila kalau tidak mengurus bola," katanya menambahkan.

Baca halaman selanjutnya bolaneters

1 dari 1

Menceritakan Kisah Sukses Putrinya di Dunia Sepak Bola

AQ memang dikenal sebagai tokoh sepak bola nasional sejak lama. Sebelum memiliki dan mengurus Madura United, ia pernah mengurus tim seperti PS Merpati, lalu PSJS Jakarta Selatan.

Ia bahkan pernah menjadi pengurus Asprov PSSI DKI dan menjadi bendahara PSSI di era kepengurusan Nurdin Halid. Saat mengelola Madura United, ia berhasil 'menyulap' tim berjulukan Laskar Sape Kerrab itu menjadi salah satu tim paling disegani di Liga 1.

Di buku ini juga dijelaskan soal bintang-bintang yang datang silih berganti ke Madura United. Bahkan, sejak 2012, puluhan pemain asing dari lima benua pernah singgah di Madura. Bahkan karena bertabur bintang-bintang itu, Laskar Sape Kerrab sempat di juluki Los Galacticos-nya Indonesia.

AQ juga menceritakan karier putrinya, Annisa Dzafarina yang ia sebut sebagai titisannya di dunia sepak bola. Nisa, putri tunggal AQ itu baru saja lulus dari UEFA Certificate Course dan itu kebanggaan buat Nisa, yang juga Chief Operating Officer (COO) Madura United itu.

"Sampai gak sadar, buku ini juga menyebut kami adalah football family," imbuh AQ.

(Bola.net/Fitri Apriani)