FOLLOW US:


Gara-gara Virus Corona, Pentas Olahraga di Seluruh Dunia Lumpuh Seketika

13-03-2020 00:05

 | Yaumil Azis

Gara-gara Virus Corona, Pentas Olahraga di Seluruh Dunia Lumpuh Seketika
Seorang petugas dengan pakaian Hazmat memeriksa kondisi kesehatan seorang pria di kota Beijing, China, Minggu (26/01/2020). © AP Photo

Bola.net - Kasus virus Corona semakin marak terjadi di seluruh belahan dunia. Imbasnya, hampir semua cabang olahraga memutuskan untuk menunda kompetisinya.

Pada hari Rabu (11/3/2020) waktu setempat, WHO menyatakan virus Corona sebagai pandemi. Sejumlah negara pun melakukan segala upaya preventif agar penyebaran virus tidak semakin melebar dan memakan korban.

Italia, yang merupakan salah satu negara dengan kasus virus Corona terbanyak saat ini, mulai lumpuh. Hampir seluruh aktivitas yang melibatkan kerumunan publik ditunda setelah virus yang juga dikenal dengan sebutan COVID-19 itu merenggang banyak nyawa.

Salah satu yang terkena imbasnya adalah Serie A. Kompetisi papan atas sepak bola Italia itu diputuskan untuk ditunda sampai bulan April nanti. Dan bukan tidak mungkin akan berlangsung lebih lama jika penyebaran tak kunjung berhenti.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2

Banyak Kompetisi Terganggu

La Liga menjadi kompetisi berikutnya yang mengikuti langkah Serie A. Pentas sepak bola tertinggi di Spanyol itu menyatakan penundaan pertandingan selama dua pekan ke depan.

Kompetisi sepak bola Belanda, Eredivisie, juga telah melakukan tindakan yang sama. Situasi yang serupa juga terjadi dengan Danish Superliga, Primeira Liga (Portugal), dan juga Major League Soccer (Amerika Serikat).

Cabang olahraga Basket pun tidak luput dari masalah virus Corona. Kompetisi terbesar di Amerika Serikat, NBA, sudah ditunda. Federasi Sepak Bola Internasional juga menunda semua kompetisi hingga tanggal 13 Maret nanti.

Virus Corona juga mengganggu cabang olahraga Tenis. Turnamen ATP sudah dinyatakan ditunda selama paling cepat enam pekan. Kemudian menyusul dari cabang golf, hoki, Motorsport, kriket, beserta olahraga darts.

2 dari 2

Menjangkit Atlet Terkenal

Virus Corona pun sudah menjangkit sejumlah atlet terkenal dari berbagai belahan dunia. Belum lama ini, publik dibuat gempar setelah Daniele Rugani, bek Juventus, dinyatakan positif terkena virus tersebut.

Kabar itu membuat banyak klub was-was. Inter Milan, yang baru saja bertemu Juventus akhir pekan kemarin, langsung melakukan kuarantina terhadap skuatnya karena dikhawatirkan ada yang mengalami nasib serupa dengan Rugani.

Real Madrid juga mengikuti langkah Inter Milan. Hal ini dilakukan begitu salah satu penggawa klub basket Los Merengues diketahui mengidap COVID-19. Perlu diketahui bahwa tim basket dan sepak bola berlatih di tempat yang sama.

Dua pemain NBA diketahui positif mengidap virus Corona. Salah satunya bahkan sempat 'bercanda' dengan menyentuh semua mic reporter dalam sebuah konferensi pers beberapa hari yang lalu.

(Football Italia)