FOLLOW US:


Gelandang Arema FC Membeber Perayaan Idulfitri di Mali

17-06-2019 00:44

 | Ari Prayoga

Gelandang Arema FC Membeber Perayaan Idulfitri di Mali
Gelandang Arema FC, Makan Konate. © Bola.com/Yoppy Renato

Bola.net - Makan Konate mengungkap tradisi Idulfitri di kampung halamannya, Mali. Gelandang Arema FC ini mengaku bahwa tradisi lebaran di negaranya mirip dengan di Indonesia.

Pemain kelahiran Bamako Mali ini menyebut bahwa di Mali ada tradisi mudik untuk merayakan Idulfitri bersama keluarga di kampung halaman mereka. Hal ini sama persis dengan tradisi di Indonesia yang juga mengenal istilah mudik.

"Sama saja antara di Indonesia dan Mali," kata Konate, pada Bola.net.

"Orang-orang datang ke kampung halaman untuk berlebaran bersama keluarga," sambungnya.

Menurut Konate, ada lagi kemiripan ihwal perayaan Idulfitri di kedua negara. Pria berusia 27 tahun ini menyebut bahwa momen lebaran diawali dengan melaksanakan Salat Id secara berjamaah, baik di masjid maupun di tanah lapang.

"Kemudian, setelahnya, kami bermaaf-maafan. Dimulai dari keluarga, lalu tetangga, dan demikian seterusnya," tutur Konate.

"Setelahnya, kami makan bersama. Lalu, ada juga tradisi saling mengantar makanan ke tetangga-tetangga dekat," ia menambahkan.

Apa saja hidangan Idulfitri khas Mali? Simak di bawah ini.

1 dari 2

Selalu Ada Couscous

Jika di Indonesia ada ketupat yang identik dengan Idulfitri, di Mali pun ada makanan yang hampir bisa dipastikan selalu hadir dalam perayaan kemenangan setelah puasa Ramadan tersebut. Makanan tersebut adalah Couscous.

Couscous merupakan makanan berbahan dasar sejenis gandum. Makanan ini merupakan makanan pendamping makanan dengan kandungan utama karbohidrat, seperti nasi dan kentang.

"Biasanya, ada juga sop daging," kata Konate.

"Yang lazim di tempat saya adalah daging domba," sambungnya.

2 dari 2

Tak Mudik Tahun Ini

Sementara itu, kendati juga mengenal tradisi mudik, Konate sendiri tak mudik pada perayaan Idulfitri tahun ini. Ia memilih menghabiskan jatah libur lebaran dengan melancong bersama sang istri.

"Kami merayakan Idulfitri di Bali," tuturnya.

"Saya memang sengaja tidak mudik karena saat ini kompetisi masih berjalan. Nanti kalau kompetisi sudah selesai, insyaallah kami akan mudik," Konate menandaskan.