Gokil! Mantan Gelandang AS Roma dan Eks APPI-nya Italia Terpilih Sebagai Walikota Verona

Asad Arifin | 27 Juni 2022 14:39
Damiano Tommasi (c) ist

Bola.net - Damiano Tommasi baru saja mencatat capaian baru dalam kariernya. Bukan di dunia sepak bola, tetapi politik. Mantan pemain AS Roma itu baru saja memenangkan pemilihan walikota Verona, Italia.

Tommasi adalah sosok yang sohor di Italia. Dia pernah membela AS Roma untuk waktu yang cukup lama. Selain itu, sosok yang gaya rambutnya cukup ikonik itu juga aktif dalam beberapa aksi sosial.

Selain itu, Tommasi juga pernah menjabat sebagai Presiden Asosiasi Pemain Italia [AIC, APPI kalau di Indonesia] pada 2011 hingga 2020. Saat menjabat, Tommasi pernah menolak keputusan sepihak Serie A memotong gaji pemain saat pandemi Covid-19.

Kala itu, Tommasi dan AIC memberi usulan agar negosiasi soal gaji dilakukan langsung antara klub dan klub. Tanpa ada intervensi dari pihak lain. Yuk simak artikel terpilihnya Tommasi sebagai walikota di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 2 halaman

Bukan Kader Partai Politik

Setelah mundur dari jabatan sebagai presiden AIC pada 2020, Damiano Tommasi memilih jalan karier yang cukup unik. Tommasi terjun ke dunia politik. Dia ambil bagian pada pemilihan walikota Verona.

Bagi Tommasi, Verona adalah kota yang spesial. Sebab, dia memang lahir di Verona. Karier sepak bola Tommasi juga dimulai ketika membela klub Hellas Verona.

Pada pemilihan walikota Verona, Damiano Tommasi mengalahkan kandidat lain yakni Federico Sboarina. Pada pemilihan putaran kedua, Tommasi menang dengan 54,4 persen suara berbanding 46,6 persen untuk sang lawan.

Menariknya, Tommasi maju ke pemilihan walikota dengan status anggota partai politik. Tommasi tidak terikat dengan partai apapun di Italia. Tapi, dia mendapat dukungan dari Partai Demokrat dan koalisi beberapa partai lain.

2 dari 2 halaman

Komentar Damiano Tommasi

Di masa lalu, Tommasi tidak pernah berpikir akan menjadi walikota Verona. Tapi, kini dia senang dengan kepercayaan yang diberikan untuk jadi walikota. Tommasi juga senang dengan proses yang dilewatinya untuk jadi walikota.

"Itu tidak mudah, tetapi kami terlibat dengan proyek yang telah ditunggu-tunggu Verona selama beberapa waktu," kata Tommasi.

"Kami siap untuk pilihan yang sulit, tetapi malam ini kami merayakannya dan saya akan berterima kasih kepada semua orang yang telah menghabiskan waktu mereka. Kami bisa berbicara tentang proposal yang jelas tanpa merendahkan lawan. Verona menunjukkan bahwa berpolitik adalah soal ide, bukan merendahkan lawan," tegas Tommasi.

Sumber: Football Italia

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR