FOLLOW US:


Google Stadia, Masa Depan Industri Gaming: Cukup Pakai Google Chrome!

20-03-2019 15:30
Google Stadia, Masa Depan Industri Gaming: Cukup Pakai Google Chrome!
Google Stadia. © Google

Bola.net - Perkembangan dunia gaming membuat banyak perusahaan berlomba-lomba untuk turut serta. Tak terkecuali Google, salah satu pioner dalam perkembangan teknologi Internet.

Baru-baru ini, tepatnya kurang dari 24 jam yang lalu, Google merilis platform gaming anyar yang mereka sebut dengan Google Stadia. Platform ini mengusung slogan "One place for all the ways we play. Gather Around." Dengan Stadia, pengguna hanya perlu menggunakan gawai yang sudah memiliki Chrome Browser serta bisa terhubung ke televisi melalui Chromecast Ultra.

Menukil Wired, Stadia benar-benar cara baru untuk bermain gim dan masa depan Cloud Gaming. Stadia bukanlah konsol, ia hadir dengan maksud untuk mempersatukan semua platform, untuk semua gim, gamers, dan content creators. Stadia juga siap meladeni 4K dan HDR pada 60fps.

Pada dasanya, Stadia adalah platform yang bertujuan untuk membebaskan gamers memainkan gim apa pun pada platform apa pun, bisa di televisi, laptop, bahkan ponsel pintar. Mudahnya, Stadia adalah Netflix-nya dunia gaming.

Baca ulasan selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 1

Cara kerja Stadia adalah menyerahkan seluruh urusan yang diperlukan untuk memproses gim anda kepada Google, yang nantinya akan di-streaming-kan melalui gawai anda. Singkatnya, Stadia adalah rekan anda yang siap memberikan gim apa pun sesuai keinginan anda.

"The future of gaming is not a box. It's a place. Welcome to #Stadia, an all-new way to play from Google."

Pada kondisi ideal, Stadia mempunyai semua kemampuan untuk menyingkirkan semua platform lainnya. Buat apa membeli PS4, Xbox, PC, atau ponsel gaming jika anda bisa membeli satu sarana saja bernama Stadia?

Google Stadia controller. (c) AP
Google Stadia controller. (c) AP

Memang benar banyak orang yang masih akan membeli Xbox, PlayStation, dan PC dengan spek dewa. Sebagian lain, sesuai harapan Google, akan berlangganan pada Stadia. Dan begitu jaringan 5G sudah mendunia, Stadia - secara teori - bisa menyalip bahkan PC dengan spek tertinggi.

Bermain FIFA dan Call of Duty pada televisi HD dengan menggunakan Stadia akan sama bagusnya seperti Xbox dan PS4. Di laptop atau PC, gim yang dimainkan melalui Stadia akan tampak hebat. Di ponsel, gim-gim jelas akan lebih keren.

Masalahnya, ada sedikit isu soal gim. Gim-gim apa sajakah yang bisa dimainkan di Stadia? Gim eksklusif apa yang mereka miliki? Fitur inovatif apakah yang bisa diberikan Stadia untuk menarik pembeli baru? Dalam dunia gaming, konten adalah raja, dan konten eksklusif yang berkualitas adalah lumbung emas.