FOLLOW US:


Isi Jeda Kompetisi, Dendi Santoso Jadi Youtuber

29-05-2020 09:27

 | Gia Yuda Pradana

Isi Jeda Kompetisi, Dendi Santoso Jadi Youtuber
Pemain Arema FC, Dendi Santoso © Bola.com/Iwan Setiawan

Bola.net - Dendi Santoso memiliki kegiatan anyar untuk mengisi masa jeda kompetisi Shopee Liga 1 musim 2020, yang terhenti akibat pandemi Corona. Penggawa Arema FC ini aktif membuat menjadi youtuber untuk mengisi waktu luangnya tersebut.

"Bagi saya, bermain youtube ini sebagai kegiatan lain saja," ujar Dendi Santoso.

"Sebelumnya, setiap hari, saya hanya berlatih dan bersepeda. Kemudian hanya merawat burung-burung peliharaan. Jadi, saya merasa perlu ada kegiatan lain. Sementara, mau beraktivitas lain juga sulit karena adanya sejumlah aturan pada masa pandemi ini," sambungya.

Dendi sendiri mengaku sebelumnya penasaran dengan dunia youtube. Karenanya, begitu ada kesempatan, ia menjajal terjun di dunia yang saat ini sedang hits tersebut.

"Mumpung masih muda dan saat ini jadwal nggak terlalu padat," tuturnya.

Dendi sendiri saat ini aktif mengelola akun youtube Dendi41Santoso. Nama akun ini, menurut Dendi, berawal dari panggilan yang diberikan kepadanya oleh para pimpinan dan jajaran manajemen Arema.

Akun, yang sejauh ini sudah meraih nyaris dua ribu subscribers, tersebut diniatkan untuk banyak membahas soal Arema. Menurut Dendi, hal ini tak lepas dari lingkungan sepak bola yang ditekuninya sedari kecil.

"Tentu pertama, saya akan membuat konten tentang Arema. Orang-orang yang saya wawancarai tentu lekat dengan Arema," paparnya.

"Namun, ke depannya, tentu saya juga akan mencoba mengeksplorasi Malang. Selain ada Arema, banyak hal lain yang ada di Malang," Dendi menambahkan.

Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 3

Tak Canggung Wawancara

Tak Canggung Wawancara
Dendi Santoso © Bola.com/Iwan Setiawan

Meski tak punya latar belakang jurnalistik, Dendi pun tampak tak canggung dalam mengorek informasi dari narasumbernya. Bahkan, bisa dibilang, pemain berusia 30 tahun ini tak canggung dalam mewawancarai narasumbernya.

Dendi sendiri mengaku memiliki kiat khusus agar tak canggung. Ia menyebut bahwa wawancara ini dimulai dari orang-orang yang sudah ia kenal dekat terlebih dahulu.

"Sementara ini, wawancara ke orang-orang yang sudah saya kenal dulu. Feel-nya sudah dapat. Ngobrol santai saja seperti biasa," ungkapnya.

Selain itu, Dendi juga memiliki persiapan matang sebelum wawancara. Sebelum menggelar wawancara, ia selalu menyiapkan diri dengan matang. Salah satunya, sambungnya, adalah dengan menyiapkan materi wawancara.

"Saya selalu mencatat poin-poin apa saja yang hendak ditanyakan. Lalu nanti bisa berkembang ngobrol," katanya.

2 dari 3

Dibantu Teman

Dibantu Teman
Dendi Santoso Merayakan Golnya ke Gawang Persebaya Surabaya, Kamis (15/8/2019) © Arema FC Official

Dendi sendiri mengaku bahwa saat ini ia masih sebatas mewawancara narasumber dan mengambil video. Sementara, untuk proses editing, ia menyerahkan kepada temannya.

"Untuk editing dibantu teman saya. Kalau ngedit sendiri terlalu ribet," akunya.

"Apalagi, ini nanti kan dilihat orang banyak. Kalau asal-asalan juga nggak enak. Bikin sesuatu jangan tanggung," Dendi menambahkan.

3 dari 3

Belum Terpikir Profesional

Belum Terpikir Profesional
Dendi Santoso © Bola.net/Fitri Apriani

Lebih lanjut, Dendi mengaku belum terpikir akan membuat kanal youtubenya ini menjadi lebih profesional. Pasalnya, saat ini, ia masih fokus menekuni kariernya sebagai pesepak bola profesional.

"Sementara ini, prioritas saya masih bermain bola," kata Dendi.

"Yang lain-lain ini hanya sambilan kalau nggak pas ada waktu luang," ia menandaskan.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)