FOLLOW US:


Kalahkan Madrid dan Barca, Manchester United Jadi Klub Paling Berharga

31-05-2017 08:55
Kalahkan Madrid dan Barca, Manchester United Jadi Klub Paling Berharga
Manchester United. © AFP

Bola.net - Salah satu perusahaan audit terbaik dunia, KPMG, baru saja merilis daftar klub paling berharga. Laporan KPMG ini menempatkan Manchester United sebagai klub paling berharga di dunia saat ini.

Manchester United diperkirakan bernilai 3,004 miliar euro. Di posisi kedua ada Real Madrid yang bernilai 2,894 miliar euro dan Barcelona mengikuti dengan nilai 2, 688 miliar euro.

Bayern Munchen berada di posisi empat dengan nilai9 2,367 miliar euro dan Manchester City di posisi lima dengan 1,909 miliar. Arsenal, Chelsea Liverpool, Juventus dan Tottenham berturut-turut menggenapi sepuluh besar klub-klub paling berharga.

Sebelumnya United sendiri memang sudah mengumumkan proyeksi pemasukan mereka musim ini. Setan Merah memperkirakan mereka akan mendapat pemasukan total sebesar 560 hingga 570 juta pound. Mereka juga optimis akan bisa memecahkan rekor keuntungan mereka sebesar 191 juta euro.

United memang sangat agresif dalam mencari sponsor. Ed Woodward memberikan prioritas untuk mendapatkan pemasukan dari sisi komersial. Saat ini United memiliki tak kurang dari 26 sponsor global, 10 sponsor regional, serta 28 sponsor partner.

Selain dari sponsorship yang besar, United juga mendapatkan pemasukan yang besar dari hak siar televisi. Nilai hak siar total premier League saja diperkirakan mencapai 8,3 miliar pound saat ini.