FOLLOW US:


#KemenanganItuDekat Ubah Sejarah Indonesia di Kancah Asian Games

04-09-2018 16:02
#KemenanganItuDekat Ubah Sejarah Indonesia di Kancah Asian Games
Pendukung Indonesia di SUGBK © Inasgoc/Antara

Bola.net - Keberhasilan Indonesia dalam Asian Games 2018 memang begitu membanggakan. Kendati persiapan sebagai tuan rumah terbilang mepet, lantaran Indonesia ditunjuk sebagai negara pengganti Vietnam yang mengalami kesulitan ekonomi, tetapi hal tersebut tak menjadi kendala. Sebaliknya, Indonesia tampil memukau publik dunia dengan suguhan pesta olahraga berkelas.

Bahkan tak sedikit yang menyebut jika Asian Games sebagai pesta olahraga terbesar kedua di dunia setelah olimpiade, begitu tampak euforianya kala digelar di Indonesia. Padahal, Indonesia sempat dipandang sebelah mata, lantaran berbagai problem lingkungan dan sosial yang sempat mendera, beberapa waktu sebelum Asian Games 2018 digelar.

Akan tetapi, picingan tersebut nyatanya berhasil diatasi, dengan menyuguhkan gelar pesta olahraga terbesar se-Asia dengan kualitas kelas dunia. Sejarah pun kian gencar terukir, terlebih Indonesia menjadi tuan rumah pertama Asian Games yang digelar di dua kota, yaitu Jakarta dan Palembang.

Bukan itu saja, Gelora Bung Karno (GBK) merupakan stadion yang menjadi saksi bisu gelaran Asian Games dua kali, sejak 1962. Dari sisi prestasi olahraga, pencapaian Indonesia begitu gemilang dalam mewujudkan #KemenanganItuDekat. Hal semata-mata bukan karena perjuangan seorang diri para atlet Indonesia.

Sebab, ada banyak masyarakat yang turut menyebarkan semangat #KemenanganItuDekat dengan datang langsung ke arena. Mereka memberikan dukungan penuh, tanpa lelah, hingga akhirnya memotivasi para atlet untuk meraih hasil prestasi yang amat gemilang. Adapun #KemenanganItuDekat sendiri merupakan program yang diadakan oleh Grab Indonesia.

Grab selaku official mobile platform partner Asian Games membuat program #KemenanganItuDekat. Program tersebut dikampanyekan sejak acara torch relay Asian Games 2018 di berbagai daerah di Indonesia. Tujuannya untuk mengajak masyarakat Indonesia bahu membahu menyukseskan Asian Games 2018.

Hasilnya, dukungan langsung dan menggelora di berbagai arena, membuat atlet Indonesia yang berlaga terlecut semangatnya untuk menjadi juara. Emas demi emas didulang oleh para atlet, hingga membuat Indonesia selangkah menuju #KemenanganItuDekat. Kendati tak jadi juara umum, tetapi mendapatkan 31 medali emas dan mengukuhkan posisi akhir di urutan ke-4 klasemen, bukan saja melebihi capaian target. Namun, mampu mencatatkan keberhasilan Indonesia sebagai tuan rumah sekaligus prestasi terbaik sepanjang sejarah Asian Games.