FOLLOW US:



Advertorial

Kickstarter dan Indiegogo Jadi Inspirasi Berdirinya Gandeng Tangan

03-05-2018 05:00
Kickstarter dan Indiegogo Jadi Inspirasi Berdirinya Gandeng Tangan
© The NextDev 2018

Bola.net -

Lewat Wikipedia, diketahui bahwa arti crowdfunding adalah praktik mendanai sebuah proyek atau perusahaan yang dikumpulkan dari bantuan banyak orang, serta dijalankan lewat internet. Cara ini masih tergolong muda namun mendatangkan minat yang sangat besar. Startup tak perlu lagi kerepotan mencari dana ke seorang investor. Cukup setorkan idenya ke situs crowdfunding, seperti Kickstarter atau Indiegogo, bantuan dana pun akan berdatangan dari mereka yang mendukung proyek tersebut.

Hanya saja, menurut dua anak muda Indonesia, yaitu Jezzie Setiawan dan Nur Roni Dinnurohman, cara ini memiliki kelemahan, yaitu donator perlu memberikan dana berulang-ulang untuk proyek yang berbeda. Karena itulah keduanya meminjam sistem crowdlending yang diaplikasikan pada situs Gandeng Tangan. Crowdlending menawarkan solusi yang lebih mudah, yaitu dana dari donator akan dikembalikan secara berkala oleh pihak peminjam. Dengan begitu, para donatur bisa berinvestasi dengan bebas dan dapat meminjamkan modal pada lebih dari satu pemilik usaha.

Sistem crowdlending seperti Gandeng Tangan bakal bisa berbicara banyak di Indonesia, mengingat semakin besarnya peminat UMKM di negara ini. Selain itu, peminjaman dana mengalir dengan cepat dan mudah karena segalanya dilakukan secara online.

Tertarik untuk mengembangkan startup seperti Gandeng Tangan sebagai donator atau peminjam modal? Ikuti kompetisinya dengan membaca dulu informasi selengkapnya di sini.