FOLLOW US:


Menu Makanan Jadi Perhatian Khusus Timnas Indonesia Selama TC Piala AFF 2018

04-11-2018 16:33
Menu Makanan Jadi Perhatian Khusus Timnas Indonesia Selama TC Piala AFF 2018
Irfan Jaya rayakan golnya ke gawang Myanmar. © Pssi.Org

Pasokan gizi seorang atlet merupakan hal yang penting, apalagi jika turnamen sudah dekat. Maka dari itu, pengawasan ketat terhadap makanan para penggawa Timnas Indonesia selama training camp di Cikarang, Jawa Barat, pun menjadi perhatian utama.

Bola.com mendapatkan kesempatan untuk mencicipi menu makan siang Timnas Indonesia di Hotel Grand Zuri Jababeka, Cikarang, Sabtu (3/11/2018). Menu makan siang pasukan Bima Sakti terdiri dari nasi putih, ayam rebus, ikan rebus asam manis, dan aneka sayuran.

Adapun untuk minumannya, Timnas Indonesia siang itu disuguhkan air mineral dalam kemasan, teh, dan jus jambu. Selain itu, pihak hotel juga menyediakan menu lain seperti pasta. Setelah dicicipi, makanan-makanan tersebut mungkin agar terasa aneh di lidah karena terkesan tidak berasa.

Untuk makanan pencuci mulut, terdapat aneka macam kue basah yang bisa dikonsumsi setelah makan. Selain itu, terdapat juga beberapa jenis camilan yang minim minyak.

Dokter Timnas Indonesia, Syarif Alwi, menyebut menu yang disajikan pihak hotel sudah sesuai dengan permintaan yang diajukan pihaknya. Pria yang akrab disapa Papi itu pun menyebut untuk orang awam kesan pertama mencicipi makanan tersebut pasti akan kurang nyaman di lidah.

"Semua makanan itu memang berdasarkan permintaan. Kami memang melarang semua pemain makan di luar," kata Papi kepada Bola.com.

"Kalau pada tengah malam mereka lapar dan ingin makan, ya bisa pesan makanan di hotel. Makanan yang dipesan pun tidak boleh sembarangan, ada aturannya. Tidak boleh makanan yang digoreng dan pedas," ujar Papi.

Selain makanan, beberapa aturan ketat lainnya juga diterapkan kepada penggawa Timnas Indonesia. Tujuannya tentu saja agar keburagan fisik para pemain tetap terjaga dan kendala non-teknis lainnya bisa dihindari.

Sumber: Bola.com

(bola.com/yom)