FOLLOW US:


Menyopir Ugal-Ugalan, Lewis Hamilton Dihentikan Polisi

27-03-2010 20:56
Lewis Hamilton 
(c)epa
Lewis Hamilton (c)epa

Bola.net - Mantan juara dunia F1 dari tim McLaren Lewis Hamilton meminta maaf Jumat karena mengemudikan kendaraannya "dengan terlalu gembira" sehingga dihentikan polisi di Melbourne.

"Petang ini, saya mengemudi dengan sikap terlalu gembira dan hasilnya saya dihentikan polisi," kata Hamilton dalam pernyataan yang dikeluarkan McLaren.

"Apa yang saya lakukan benar-benar bodoh dan saya minta maaf untuk itu," katanya.

Hal itu terjadi di dekat pintu masuk dari lintasan yang dipakai untuk tempat diselenggarakannya Australia Grand Prix.

Juara dunia F1 tahun 2008 itu didenda karena penyalahgunaan kendaraan, dan mobil sedan perak Mercedes-nya akan ditahan sampai hari Senin.

Petugas polisi bernama Scott Woodford mengatakan mengatakan pembalap 25 tahun itu sengaja mengemudikan mobilnya sampai ban belakangnya mengeluarkan asap saat dia meninggalkan Albert Park beberapa jam setelah sesi latihan resmi pertama untuk balapan pada hari Minggu.

Petugas polisi Victoria yang kebetulan berada di dekat lokasi langsung menghentikan Hamilton karena dianggap melakukan tindakan yang membahayakan.

Banyak pihak yang menyayangkan kejadian itu karena pada minggu yang sama, FIA, mengumumkan di badan mobil yang bertanding di Melbourne GP akan dicap dengan tulisan "Buatlah Jalan Jadi Lebih Aman" untuk meningkatkan kesadaran menjaga keselamatan di jalan raya secara global.

Bos Grand Prix Australia, Ron Walker, sedikit membela Hamilton dan mengatakan pembalap itu sebagai "orang yang baik."

"Saya mengenal Lewis Hamilton dengan baik dan dia menghabiskan banyak waktu berbicara mengenai keselamatan di jalan," kata Walker yang dikutip oleh surat kabar Herald Sun, Sabtu. "Saya pikir dia bisa dimaafkan untuk hal ini.

"Saya kira kaki kanannya tergesa-gesa untuk mempercepat laju kendaraan dan menunjukkan kepada orang-orang kalau Mercedes memiliki kekuatan besar. Saya tidak membuat alasan, tapi memang orang baik," jelasnya lagi.

"Kadang-kadang hal-hal ini seperti ini terjadi dan jika Anda ingin mengadakan event internasional seperti ini, Anda harus memaafkannya," pungkasnya.

Tapi Menteri negara bagian Victoria, Tim Holding, punya pendapat lain.

"Tempat untuk mengemudi seperti pembalap Formula Satu adalah di sini di trek balap, bukan di jalan-jalan umum Victoria," katanya.

Pada tahun 2007, mobil Hamilton pernah disita di Prancis setelah dia tertangkap ngebut oleh polisi. (ant/ap/cax)