FOLLOW US:


Pakaian Tradisional Jadi Wajah Indonesia di Opening Ceremony SEA Games 2019 Filipina

30-11-2019 20:03

 | Asad Arifin

Pakaian Tradisional Jadi Wajah Indonesia di Opening Ceremony SEA Games 2019 Filipina
Busana adat dari berbagai daerah di Indonesia tampil saat kontingen Indonesia melintas pada upacara pembukaan SEA Games 2019. © (Bola.com/Muhammad Iqbal Ichsan)

Bola.net - Kontingen Indonesia meramaikan opening ceremony SEA Games 2019 Filipina dengan balutan pakaian adat Nusantara. Mereka nampak begitu antusias dan siap menjalani pesta olahraga antarnegara negara ASEAN ini.

Philippine Arena, tempat berlangsungnya opening ceremony SEA Games 2019 sesak oleh puluhan ribu pasang mata. Mereka menjadi saksi dibukanya SEA Games ke-30 di Filipina.

Panitia opening ceremony SEA Games 2019 Filipina menggunakan semacam gapura yang unik bertuliskan nama negara peserta saat memasuki panggung. Disertai riuh penonton.

Kontingen Brunei Darussalam menjadi yang pertama memasuki area opening ceremony, disusul Kamboja, dan setelah itu Indonesia.

Sorak sorai penonton di Philippine Arena mengiringi masuknya kontingen Indonesia. Kostum tradisional Nusantara mengawali iring-iringan, lalu disusul oleh balutan merah-putih serta bendera kecil dan scarf bertuliskan Indonesia.

Ada yang memakai pakaian khas DKI Jakarta (Betawi), Jawa, hingga pakaian khas Indonesia Timur. Ini mencerminkan kekayaan budaya Indonesia yang coba diperlihatkan di opening ceremony SEA Games 2019.

1 dari 1

GOR Terbesar di Dunia

Opening ceremony ini digelar di GOR terbesar di dunia yang berkapasitas 55.000 tempat duduk. Ini merupakan pertama kali upacara pembukaan SEA Games digelar di arena tertutup (indoor).

Philippine Arena yang dibangun mulai 17 Agustus 2011 diklaim sebagai GOR multifungsi terbesar di dunia. Pada 25 Desember 2013, Discovery Channel menayangkan sebuah film dokumenter tentang Philippine Arena berjudul Man Made Marvels: Quake Proof.

Dalam film dokumenter itu, Andrew James, arsitek dari Populous, perusahaan arsitektur khusus untuk arena indoor mengatakan Philippine Arena tidak hanya didesain tahan gempa dan angin topan, tetapi juga ramah lingkungan.

Dibangun di komplek lahan seluas 140 hektare, arsitek membangun banyak serapan air. Selain itu, pohon-pohon yang besar juga ditanam di sekitar gedung.

Disadur dari: Bola.com/Penulis Gregah Nurikhsani/Editor Wiwig Prayugi

Published: 30 November 2019