FOLLOW US:


Pencipta Captain Tsubasa Ternyata Memang Penggemar Barca

02-11-2013 04:46

 | Andres Iniesta

Pencipta Captain Tsubasa Ternyata Memang Penggemar Barca
Takahashi mengaku terinspirasi Barca. © Marca
Bola.netBola.net - Yoichi Takahashi adalah sosok di balik terciptanya komik (dan serial kartun) terkenal Captain Tsubasa. Takahashi mengakui bahwa dirinya mendapat inspirasi dari Barcelona FC.

Captain Tsubasa diciptakan pada 1986 untuk mempromosikan sepakbola di Jepang. Takahashi tak mengira tokoh fiktif ciptaannya itu bisa mencapai sukses besar. Ia mengakui bahwa ia sangat mengagumi Barcelona sejak era Johan Cruyff.

"Saya tak mengira kesuksesan serial ini di seluruh dunia. Lebih dari apa pun, gaya sepakbola Cruyff berhasil mencuri perhatian saya karena sangat indah. Saya terkesan dengan filosofinya yang didasarkan pada sepakbola menyerang," jelas Takahashi seperti dikutip Marca.

Sang kreator Tsubasa Ozora itu juga mengakui bahwa ada banyak kemiripan antara tokoh ciptaannya dengan pemain Barca saat ini, Andres Iniesta.

"Tsubasa memang 'lahir' sebelum Iniesta, tetapi keduanya memiliki banyak kemiripan dari berbagai aspek. Orang bisa saja berpikir sebaliknya, bahwa Tsubasa terinspirasi oleh Iniesta," imbuhnya sembari tertawa.