FOLLOW US:


Platini Usulkan Penghapusan Aturan Kartu Kuning

05-12-2013 22:45
Platini Usulkan Penghapusan Aturan Kartu Kuning
Platini usulkan perubahan sistem hukuman. © AFP
Bola.netBola.net - Presiden UEFA Michel Platini kembali mengeluarkan ide baru dalam sepakbola. Kali ini, Platini mengusulkan agar aturan kartu kuning dihapus dan diganti dengan sin-bins, seperti dalam pertandingan rugby.

Aturan sin-bins dalam rugby menyebutkan bahwa pemain yang melakukan pelanggaran harus keluar dari permainan selama 10 sampai 15 menit. Dengan demikian, tim yang dirugikan (dilanggar) mendapat keuntungan langsung dari pelanggaran itu.

"Saya mungkin ingin melakukan perubahan sistem hukuman. Saya ingin seperti rugby; pemain yang melakukan pelanggaran dihukum keluar lapangan selama 10 sampai 15 menit. Dengan demikian, keuntungan akan berada di tim yang dilanggar, bukan sanksi yang baru akan berlaku dalam pertandingan selanjutnya melawan klub lain," jelas Platini kepada AS.

Platini buru-buru menjelaskan bahwa hal itu baru sebatas ide dari dirinya. Jika memang akan ditindaklanjuti, maka akan butuh pembahasan yang lebih mendetail.

"Itu baru sekadar ide. Perlu pembahasan yang dewasa agar diketahui apakah ide itu bisa bermanfaat bagi sepakbola. Jika bisa, ide itu patut mendapat pertimbangan," jelasnya.