FOLLOW US:


Polri Pastikan PON Papua Dalam Kondisi Aman dan Kondusif

06-10-2021 18:20

 | Dimas Ardi Prasetya

Polri Pastikan PON Papua Dalam Kondisi Aman dan Kondusif
Kembang api pada pembukaan Pekan Olah Raga Nasional XX Papua di Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Papua. © PON XX PAPUA/ R. BERTO WEDHATAMA

Bola.net - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menegaskan bahwa empat klaster tempat berlangsungnya penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua berada dalam kondisi aman serta kondusif.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigadir Jenderal Rusdi Hartono. "Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional masih berjalan, dan keamanan sangat kondusif," bebernya saat memberikan keterangan pers secara virtual, Rabu (6/10/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Rusdi membeberkan bahwa pihak kepolisian menggelar operasi bersama TNI dengan sandi Operasi Deraku Cartenz 2021. Operasi itu bertujuan untuk mengamankan perhelatan PON Papua.

Pengamanan di lakukan di empat klaster yakni di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke. Termasuk di venue-venue pertandingan di empat klaster tersebut.

Rusdi pun memastikan bahwa operasi pengamanan berjalan dengan baik. Harapanya adalah penyelenggaraan PON di Papua berjalan dengan aman dan menelurkan prestasi yang membanggakan di tanah air.

1 dari 1

Situasi Kondusif di Distrik Dekai

Selain itu Rusdi Hartono juga menyatakan situasi di Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua pun sudah kembali kondusif. Sebelumnya pada hari Minggu (03/10/2021) kemarin area tersebut mengalami kericuhan.

Aparat TNI dan Polri berkekuatan sekitar tiga satuan setingkat kompi pun sudah berada di lokasi, untuk memulihkan kembali situasi keamanan dan ketertiban masyarakat. Namun Rusdi menerangkan masih ada sekitar 3.609 warga Yahukimo yang mengungsi dan meminta perlindungan di gereja, Mapolres Yahukimo dan Koramil Dekai.

Tapi Rusdi kembali menegaskan bahwa situasi di Yahukimo sudah kondusif. Aparat keamanan bekerja optimal untuk memulihkan kembali situasi keamanan di sana.

Pihak kepolisian pun juga sudah mengamankan sejumlah tersangka terkait kericuhan tersebut. Penyidik pun masih terus mendalami kasus ini.

Sumber: InfoPublik.id.