FOLLOW US:


Siapa Lebih Tajir Melintir, Pangeran Arab Peminat Manchester United atau Keluarga Glazer?

24-10-2019 00:22

 | Ari Prayoga

Siapa Lebih Tajir Melintir, Pangeran Arab Peminat Manchester United atau Keluarga Glazer?
Pangeran Arab Saudi, Mohammed Bin Salman © Saudi Press Agency via AP

Bola.net - Kabar krisis yang menerpa Manchester United memunculkan nama Mohammed Bin Salman sebagai sang juru selamat. Putra mahkota Arab Saudi tersebut dikabarkan siap mengakuisisi The Red Devils dari tangan Keluarga Glazer.

Bin Salman disebut telah menyodorkan tawaran sebesar 3 miliar pounds atau sekitar Rp55 tiliun kepada pemilik Manchester United, yakni Keluarga Glazers. Namun, The Glazers belum mengiyakan tawaran yang diajukan Mohemmed Bin Salman itu.

Meski demikian, asa Mohammed Bin Salman untuk menjadi pemilik MU belum pupus. The Sun, Rabu (23/10/2019), mengungkap bahwa Joel, Kevin, dan Avram Glazer akan menjual 13 persen sahamnya.

Desas-desus juga menyebut anggota Glazers lainnya yakni Darcie, Bryan, dan Edward juga telah sepakat untuk menjual sebagian saham mereka. Namun sampai saat ini, kelanjutan pembicaraan tersebut belum juga menemui kata sepakat.

Padahal, sebagian besar suporter mendukung rencana Bin Salman untuk menjadi pemilik resmi klub yang bermarkas di Old Trafford tersebut. Sejumlah pengamat menilai jika Manchester United jatuh ke tangan Bin Salman akan membawa babak baru bagi kejayaan klub.

Secara finansial, Mohammed Bin Salman jauh di atas Keluarga Glazers. Kondisi ini disebut bisa membantu finansial Manchester United yang ingin mendatangkan sederet talenta mahal kelas dunia.

Nah, jika Anda penasaran dengan perbandingan kekayaan dan kekuasaan antara Mohammed Bin Salman dan Keluarga Glazers, berikut Bola.net telah merangkumnya untuk Anda.

1 dari 5

Total Kekayaan

Jumlah kekayaan Keluarga Glazers tentu tidak dirgaukan lagi. Namun, kekayaan Mohammed Bin Salman disebut jauh di atas pemilik Manchester United itu.

Bin Salman tercatat memiliki kekayaan total 7 miliar poundsterling (Rp126,4 triliun) sementara Keluarga Glazers hanya memiliki total kekayaan 3,6 miliar poundsterling (Rp64,9 triliun) saja.

Kekayaan Keluarga Glazers itu bahkan harus dibagi menjadi enam bagian. Selain itu, kekayaan Bin Salman dikabarkan sebenarnya lebih daripada angka itu.

2 dari 5

Kekuasaan

Ayah Bin Salman yakni Raja Salman, tidak dapat memimpin negaranya karena menderita demensia. Itu berarti, Mohammed Bin Salman adalah penguasa utama Arab Saudi.

Saat ini, Bin Salman juga memegang posisi sebagai wakil perdana menteri dan menteri pertahanan Arab Suadi.

Sementara Keluarga Glazers tidak memiliki jabatan di bidang politik. Meski demikian, salah satu anggota Keluarga Glazers yakni Edward Glazer pernah menyumbang 45 ribu pounds untuk kampaye Donald Trump saat maju dalam pemilihan Presiden Amerika Serikat.

3 dari 5

Bidang Kemanusiaan

Keluarga Glazers ataupun Mohammed Bin Salman sama-sama memiliki kepedulian terhadap kemanusiaan. Keduanya tercatat pernah mengabdikan diri pada bidang tersebut.

Bedanya, Bin Salman merupakan pemilik dari badan kemanudiaan bernama Empower Saudi Youth, sementara Keluarga Glazers hanya bertastus sebagai donatur untuk sebuah badan amal di Inggris.

Sekadar informasi, Glazers pernah mendonasikan 1,9 juta dollar (Rp34,2 miliar) untuk program kemanusiaan pada 2012.

4 dari 5

Properti Keluarga

Mohammed Bin Salman memiliki akses penuh ke Istana Presiden Saudi. Itu berarti, dia bisa menyebut Istana Presiden sebagai rumah.

Namun rumah sesungguhnya Pangeran Arab itu justru berada di Prancis. Bin Salman memiliki sebuah rumah mewah di Chateau Louis XIV, sebelah barat Paris, seharga 230 juta poundsterling.

Sementara pada Keluarga Glazers, beberapa properti peninggalan Malcolm Glazer telah banyak yang dijual. Pada 2014, Joel dan Avi menjual dua rumah mewah di kawasan Palm Beach.

Joel mendapat 5,8 juta pounds dari penjualan rumah tersebut sedangkan Avi mengantongi 9,7 juta pounds dari penjualan properti tersebut. Anggota Glazers yang lain yakni Edward Glazer memiliki real estate mewah di California seharha 16,6 juta poundsterling.

5 dari 5

Klub Olahraga

Salman yang merupakan Pangeran Arab Saudi baru memiliki satu klub olahraga, yaitu tim Divisi II Liga Arab Saudi. Klub tersebut dilabeli seperti namanya.

Sementara itu, selain memiliki Manchester United, Keluarga Glazers juga memiliki satu klub lain, yaitu tim American football, Tampa Bay Buccaneers.

Disadur dari: Bola.com/Penulis Hesti Puji Lestari/Editor Yus Mei Sawitri
Published: 23 Oktober 2019