Tingkatkan Partisipasi Warga, Ketua Askot PSSI Malang Hias TPS Bernuansa Piala Dunia

Bola.net | 27 Juni 2018 13:49
Ketua Asosiasi PSSI Malang, Haris Thofly (c) Dendi Gandakusumah
- Haris Thofly memiliki cara unik untuk menarik minat warga berpartisipasi menyalurkan hak pilih mereka dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018. Ketua Asosiasi PSSI Kota Malang ini mendesain tempat pemungutan suara (TPS) di wilayah tempat tinggalnya, RW 05 Kelurahan Mulyoagung Kecamatan Dau Kabupaten Malang dengan nuansa Piala Dunia.


Nuansa Piala Dunia kental terasa sejak memasuki area TPS XI. Calon pemilih disambut gapura bergambar dua bintang sepakbola, yang saat ini bertarung di Piala Dunia 2018 ini, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Selain itu, juga pemilih juga disambut rumput sintetis yang membuat mereka seakan memasuki lapangan sepakbola.


Sebagai latar belakang bilik suara, tergantung sejumlah jersey peserta Piala Dunia 2018. Jersey-jersey ini akan dibagikan sebagai doorprize, yang akan diundi pada saat penghitungan suara.

Suasana TPS 11 RW 05 Kelurahan Mulyoagung Kecamatan Dau Kabupaten Malang dengan nuansa Piala Dunia.Suasana TPS 11 RW 05 Kelurahan Mulyoagung Kecamatan Dau Kabupaten Malang dengan nuansa Piala Dunia.


Haris menyebut langkahnya ini bertujuan untuk menarik minat masyarakat dalam menyalurkan suara mereka. Pasalnya, di kompleks perumahan, biasanya partisipasi warga tergolong rendah.


"Inilah bentuk upaya saya agar partisipasi warga di sini bagus. Alhamdulillah, respon yang didapat positif," ujar Haris, Rabu (27/06).


Menurut pria yang juga menjabat sebagai ketua RW 05 ini, ada alasan lain di balik dekorasi TPS dengan nuansa Piala Dunia. Ia menyebut di Piala Dunia, kompetisi berlangsung dalam rel sportivitas.


"Saya harapkan gelaran pilkada ini juga berlangsung dalam rel sportivitas, sama seperti gelaran Piala Dunia," tutur dosen Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Malang tersebut.

Suasana TPS 11 RW 05 Kelurahan Mulyoagung Kecamatan Dau Kabupaten Malang dengan nuansa Piala Dunia.Suasana TPS 11 RW 05 Kelurahan Mulyoagung Kecamatan Dau Kabupaten Malang dengan nuansa Piala Dunia.


Lebih lanjut, Haris mengatakan dana untuk menyiapkan konsep Piala Dunia ini berasal dari kantongnya pribadi. Ia mengaku tak keberatan karena ini merupakan pesta demokrasi.


"Lagipula ini hanya lima tahun sekali. Saya juga senang bisa seperti ini, terlebih saya cinta sepakbola," ucapnya.


"Teman-teman dari Askot PSSI Kota Malang juga sangat membantu menyiapkan TPS ini. Mereka semalaman begadang di sini," ia menandaskan. [initial]


 (bola/dub)

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR