Analisis dan Prediksi Final Piala Thomas 2020: China tanpa Shi Yuqi, Keuntungan untuk Indonesia?

Serafin Unus Pasi | 17 Oktober 2021 15:51
Final Piala Thomas 2020 Indonesia vs China (c) Bola.com

Bola.net - Tim Indonesia sedikit lagi akan merengkuh Piala Thomas 2020. Indonesia tinggal mengalahkan China di Final Piala Thomas di Ceres Arena, Aarhaus, Denmark hari Minggu (17/10/2021).

China tentunya lawan berat buat Indonesia. Namun jika melihat komposisi tim, sebenarnya skuad Tanah Air punya kans besar untuk meraih kemenangan.

Apalagi kondisi tunggal putra terbaik China, Shi Yuqi sedang meragukan. Di semifinal saat bertemu Kento Momota, ia memutuskan mundur akibat cedera pada penghujung gim kedua.

"Ini merupakan cedera lama, masalah lama. Saya hanya tidak merasa baik hari ini," ujar Shi Yuqi usai pertandingan.

Tentu kondisi Shi Yuqi seharusnya menguntungkan Indonesia. Terlepas apakah dirinya diturunkan atau tidak sebagai tunggal pertama China.

Jika absen, kemungkinan Lu Guangzu bakal diturunkan untuk menghadapi Anthony Ginting. Di atas kertas, posisi Anthony Ginting, 5 dunia, jauh lebih baik dari Lu Guangzu.

Namun sekali lagi, tidak ada satu pun pemain China yang bisa dianggap mudah. Karena mereka punya mental bertanding fantastis.

1 dari 2 halaman

Ganda Putra

Hal sama berlaku di sektor ganda putra. Indonesia secara peringkat unggul ketimbang China.

Untuk final ini, tim Indonesia membuat kejutan di sektor ganda putra. The Minions yang biasa diturunkan di gim kedua, malah Fajar Alfian / Muhammad Rian Ardianto yang diturunkan di gim kedua.

Sementara di gim keempat, Kevin Sanjaya diturunkan dengan partner yang berbeda. Daniel Marthin dipercaya mendampingi Kevin yang biasanya turun bersama Marcus Fernaldi Gideon.

Daniel sendiri sempat dimainkan di babak sebelumnya bersama Ahsan, dan ia tampil cukup baik saat itu. Jadi menarik ditunggu bagaimana ia dipasangkan dengan Kevin di Final ini.

Tapi sekali lagi, nama-nama seperti He Jiting/Zhou Hao Dong atau Liu Cheng/Wang Yi Lyu bukan lawan mudah untuk Indonesia. Tentu sangat menarik melihat pertarungan antara Indonesia versus China.

2 dari 2 halaman

Line Up

Indonesia Vs China

  • Match 1: Anthony Ginting Vs Lu Guangzu
  • Match 2: Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto Vs He Jiting/Zhou Hao Dong
  • Match 3: Jonatan Christie Vs Li Shifeng
  • Match 4: Kevin Sanjaya Sukamuljo/Daniel Marthin Vs Liu Cheng/Wang Yi Lyu
  • Match 5: Shesar Hiren Rhustavito Vs Weng Hong Yang

Sumber: Bola.com/Hendry Prabowo, Diunggah 17 Oktober 2021

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR