FOLLOW US:


BWF Beri Pernyataan soal Keikutsertaan China di Turnamen-Turnamen Bulu Tangkis

05-02-2020 14:45

 | Anindhya Danartikanya

BWF Beri Pernyataan soal Keikutsertaan China di Turnamen-Turnamen Bulu Tangkis
Zheng Si Wei dan Huang Ya Qiong © Bola.com/M Iqbal Ichsan

Bola.net - Wabah virus corona yang menyebar di China membuat beberapa agenda bulu tangkis terhambat. Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) dan Asosiasi Bulu Tangkis China (CBA) pun sepakat menunda ajang China Masters 2020 yang seharusnya digelar pada 25 Februari-1 Maret.

Selain penundaan China Masters 2020, para pebulu tangkis Negeri Tirai Bambu juga terancam absen dari beberapa laga. Ini disebabkan adanya larangan masuk dari sejumlah negara untuk orang-orang dari China dan warga negara asing yang telah mengunjungi negara itu dalam 14 hari terakhir.

Masalah semakin pelik karena ada beberapa maskapai penerbangan menangguhkan layanan ke dan dari China. Menanggapi masalah tersebut, BWF telah membuat pernyataan resmi yang diunggah di situs resminya.

1 dari 2

Pernyataan Resmi BWF

"Atlet China bebas untuk mengikuti turnamen dan kami percaya tuan rumah turnamen akan memberikan bantuan penuh dan memperlakukan semua atlet dari semua Asosiasi Anggota (MA) secara setara," kata BWF di situs resminya, Selasa (4/2/2020).

"Kami telah meminta semua MA dan tuan rumah untuk menghubungi otoritas kesehatan nasional mereka. Itu bertujuan untuk membuat mereka sadar para pemain internasional akan tiba di negara mereka," imbuh mereka.

"Kami juga mengakui otoritas kesehatan nasional dari setiap Anggota Asosiasi akan memiliki aturan dan prosedur sendiri yang berbeda dari satu daerah ke daerah lain," lanjut BWF.

2 dari 2

Acara Seremonial Tetap Berlangsung

BWF juga bekerja sama dengan pemangku kepentingan utama seperti CBA, semua MA dan penyelenggara turnamen, serta Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan Paralimpiade Internasional Komite (IPC) untuk menyelaraskan langkah-langkah global dan regional.

Itu dilakukan agar acara penyelenggaraan tetap didukung IOC dan dapat diterapkan semua tuan rumah turnamen untuk memberikan rasa aman. Sementara itu, acara-acara konvesi dan etika turnamen bulu tangkis tetap berlaku seperti lemparan koin, berjabat tangan, dan upacara pemberian medali.

BWF juga sedang mempertimbangkan semua risiko kesehatan, keselamatan, dan logistik yang relevan dan akan terus memberikan informasi terkait dengan virus corona kepada semua komunitas bulu tangkis.

Sumber: BWF/Disadur dari: Bolacom/Penulis: Hanif Sri Yulianto/Editor: Yus Mei Sawitri/Dipublikasi: 5 Februari 2020