FOLLOW US:


Capai Semifinal Turnamen Asia U-19, Prestasi Indonesia Membaik

23-03-2010 18:15

Bola.net - Tim Indonesia memperbaiki hasil yang diraih tahun lalu dalam nomor beregu Kejuaraan Asia U-19, saat langkah tim Merah Putih dihentikan China 2-3 di semifinal, Selasa.

Meskipun gagal melaju ke final, hasil yang diraih Evert Sukamta dan kawan-kawan di Bukit Kiara, Kuala Lumpur, Malaysia itu memenuhi target yang ditetapkan Sekjen PB PBSI Yacob Rusdianto yakni setidaknya memperbaiki hasil tahun lalu dan lolos ke babak empat besar.

Tahun lalu, tim Indonesia tersingkir di babak perempatfinal setelah kalah 0-3 dari China yang akhirnya melaju ke final. Indonesia tertinggal 0-1 saat ganda campuran Ricky Karanda/Della Destiara kalah 19-21, 19-21 dari pasangan Liu Cheng/Bao Yixin pada partai pembuka.

Namun pemain tunggal putra Evert Sukamta langsung menyamakan kedudukan menjadi 1-1 dengan menumbangkan Cai Ruiqing dengan kemenangan 21-16, 21-14 hanya dalam 17 menit.

Ganda putra Jones Ralfi Jansen/Dandi Prabudita membuat tim Merah Putih memimpin 2-1 saat mereka memenangi pertarungan selama 50 menit melawan Li Gen/Song Ziwei 21-18, 14-21, 21-18.

Akan tetapi, Indonesia yang hanya membutuhkan satu poin lagi untuk meraih kemenangan sekaligus memastikan tempat di final, kalah pada dua partai terakhir.

Pemain tunggal putri Renna Suwarno tumbang di tangan Suo Di dengan kekalahan 13-21, 14-21, sementara ganda putri Della Destiara/Suci Rizki Andini menyerah kepada Tang Jinhua/Xia Huan 12-21, 17-21.

"Secara keseluruhan anak-anak sudah bermain maksimal dan berjuang sebaik-baiknya," ujar pelatih tunggal Pelatnas Pratama Rony Agustinus yang mendampingi pemain bertanding di Kuala Lumpur.

Ditanya mengenai kekurangan tim tersebut, Rony mengatakan, "Mungkin kita kurangnya pada sektor putri, sektor putranya sudah cukup baik."

Rony, yang sehari sebelumnya memperkirakan pertemuan dengan tim China akan berat karena kekuatan mereka merata pada setiap sektor, berharap para pemain tersebut dapat menghasilkan prestasi yang lebih baik pada nomor perorangan yang akan dilaksanakan setelah nomor beregu berakhir.

Sementara itu, unggulan pertama China dipastikan akan bertemu Malaysia pada final yang akan digelar Rabu (24/3), setelah tim juara bertahan itu mengalahkan Thailand 3-1.

Pertemuan di final itu merupakan ulangan partai puncak tahun lalu saat Malaysia mengalahkan China untuk merebut gelar juara. (ant/row)