FOLLOW US:


Djarum Kudus Datangkan Pelatih Australia

14-04-2009 20:38

Bola.net - PB Djarum Kudus mendatangkan pelatih fisik dari Australia untuk meningkatkan ketahahan fisik pebulu tangkisnya, kata Ketua PB Djarum Kudus, FX Supandji.

"Jackson (pelatih dari Australia) kita coba untuk jangka waktu tiga bulan mulai April 2009 ini. Kalau memang nantinya cocok dan membuahkan hasil, akan kita perpanjang untuk jangka waktu tertentu," katanya ketika dihubungi dari Semarang, Selasa.

Menurut dia, dipilihnya Jackson ini karena yang bersangkutan sudah memiliki pengalaman menangani fisik pebulu tangkis nasional di Pusat Bulu Tangkis Indonesia (PBI) Cipayung, Jakarta Timur.

"Dia pernah menangani fisik pebulu tangkis putri Djarum Kudus yang berada di pelatnas, yaitu Maria Kristin," katanya menegaskan.

Kebetulan, kata dia, kontrak Jackson dengan PB PBSI tidak diperpanjang makanya dirinya mengambil pelatih asal Australia itu untuk menangani pebulu tangkis Djarum Kudus. "Untuk fisik semua pebulu tangkis baik yang junior dan senior yang semula ditangani pelatih lokal, kini ditangani pelatih asal Australia tersebut," katanya.

Pada tahap pertama, kata dia, yang bersangkutan masih membenahi peralatan yang akan digunakan untuk latihan fisik pemain, kemudian dilanjutkan dengan penyusunan program, baru kemudian langsung menangani atlet.

"Selama ini, selain pelatih lokal, kita juga sering mendatangkan pelatih tamu ternama seperti Tahir Djide, dan lain sebagainya," katanya.

Ketika ditanya agenda pebulu tangkis PB Djarum Kudus untuk tampil pada berbagai kejuaraan internasional, dia mengatakan, yang jelas Djarum Kudus tetap akan menerjunkan atletnya tampil pada berbagai kejuaraan bulu tangkis internasional.

"Soal siapa-siapa yang diterjunkan dan turnamen apa yang diikuti tergantung pada manajer timnya, Fung Permadi," katanya.

Sebelumnya, Supandji mengatakan, selama Maret hingga April 2009 ini ada sekitar tujuh turnamen bulu tangkis internasional yang diikuti pebulu tangkis PB Djarum Kudus.

Ia menyebutkan, sejumlah turnamen yang diikuti pebulu tangkis Djarum Kudus, yaitu kejuaraan bulu tangkis di Rumania (19-22 Maret) dengan menyertakan Hayong Rumboko, Bandar Sigit Pamungkas, dan Maria Febe.

Kemudian akhir Maret 2009 akan mengirimkan Andre Kurniawan (tunggal putra), dan pasangan Afiat Yuriskiawan/Rifky Windarto pada kejuaraan bulu tangkis India Open, kemudian pada bulan April 2009 ada puluhan turnamen bulu tangkis, tetapi tidak semua.

"Kita akan pilih beberapa turnamen yang tidak terlalu jauh, tetapi hadiahnya cukup besar dan gengsinya cukup besar untuk tingkat dunia, baik yang junior maupun senior. Di samping itu, kita memilih mengirimkan atletnya pada event yang tidak terlalu dekat pelaksanaannya," katanya.

Ia menyebutkan, pada bulan April 2009 ada beberapa event, seperti Osaka Challenge (Jepang), kejuaraan bulu tangkis di Finlandia (2-5 April), Kejuaraan Junior Eropa di Italia (3-12 April), Kejuaraan Asia di Korea (7-12 April), Vietnam (berhadiah total 15 ribu dolar AS), Rumania, Peru (hadiah total 5 ribu dolar AS), dan lainnya. (kpl/dar)