FOLLOW US:


Gagal Menang, Jaya Raya Suryanaga Masih Terbuncit

05-02-2013 21:00
Gagal Menang, Jaya Raya Suryanaga Masih Terbuncit
Lindaweni Fanetri Fajar Rahman
Bola.net - Lindaweni Fanetri dkk gagal menyumbang kemenangan bagi Jaya Raya Suryanaga yang saat ini berada di posisi terbuncit setelah dua kali menelan kekalahan hingga hari ketiga kejuaraan Djarum Superliga Badminton 2013 di DBL Arena, Surabaya, Selasa (5/2).

Jaya Raya Suryanaga yang bertumpu pada nomor tunggal pertama dan kedua harus menelan kekecewaan ketika ujung tombak mereka tak berhasil menyumbang poin saat menghadapi Renesas Badminton.

"Ujung tombak kami memang pada single pertama dan kedua. Tak ada antisipasi untuk mengubah strategi. Jadi kalau single pertama dan kedua meleset, agak berat," kata manajer Jaya Raya Suryanaga, Sunoto. "Dari awal saya sudah prediksi tim putri akan mendapatkan lawan kuat karena satu grup dengan klub Korea, Djarum, dan Renesas. Jadi bukan hanya karena pemain yang drop tetapi juga pemain klub lain yang cukup bagus."

Tunggal pertama Jaya Raya Suryanaga, Eriko Hirose ditundukkan Kana Ito meskipun telah bermain ngotot. Ito, peringkat 65 dunia, berhasil membuat Hirose yang memegang ranking 13 dunia kewalahan. Pertandingan yang berlangsung ketat itu akhirnya dimenangkan Ito setelah keduanya saling mengejar angka di game ketiga.

Kekalahan Hirose tertular pada Lindaweni yang ditundukkan Ayumi Mine lewat rubber set 14-21, 21-12, 20-22. Tunggal putri nomor satu Indonesia itu dikalahkan pemain peringkat 159 dunia lewat pertandingan yang sengit.

Lindaweni sebenarnya nyaris menang dan sudah memimpin 20-18. Namun ia gagal mengunci langkah lawannya dengan melakukan kesalahan. "Sebelumnya kami belum pernah bertemu. Saya akui pada game ketiga saya kurang bisa mengontrol kesabaran," kata Lindaweni, yang saat ini berada di peringkat 21 dunia.

Kekalahan Jaya Raya Suryanaga dipastikan setelah tunggal ketiganya, Ganis Nur Rahmadani kalah telak 9-21, 9-21 atas Yuki Fukushima.

Kemenangan Jaya Raya Suryanaga pada nomor ganda yang diperkuat Matsuo Szhizuka/Mami Naito pun tidak berpengaruh lagi. Szhizuka/Naito, pasangan peringkat lima dunia, menumbangkan duet Miyuki Maeda/Yui Miyauchi dua set langsung 21-18, 21-19.

Pada partai terakhir, Variella Aprilsasi/Lita Nurlita menambah lagi deretan kekalahan Jaya Raya Suryanaga yang ditaklukkan Reika Kakiiwa/Yuki Fukushima dengan skor 15-21, 15-17.

Jaya Raya Suryanaga, yang merupakan juara bertahan akan menghadapi PB Djarum pada pertandingan hari keempat, Rabu (6/2).