FOLLOW US:


Gantikan Joko Santoso, Gita Wirjawan Terpilih di Munas PB PBSI

21-09-2012 17:00
Gantikan Joko Santoso, Gita Wirjawan Terpilih di Munas PB PBSI
Gantikan Joko Santoso, Gita Wirjawan terpilih di Munas PB PBSI.
Bola.net - Menteri Perdagangan Gita Wirjawan akhirnya terpilih menjadi Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PB PBSI) periode 2012-2016 dalam Musyawarah Nasional (Munas) PB PBSI di Yogyakarta Plasa, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jumat (21/9).

Dari 34 suara yang diperebutkan, Gita unggul dengan skor mencolok 31. Sedangkan pesaingnya, Icuk Sugiarto hanya meraih dua suara. Sedangkan satu sisa suara, merupakan abstain. Alhasil, dalam pemilihan yang berlangsung tertutup tersebut, Gita berhak melanjutkan tongkat estafet yang sebelumnya dipegang Joko Santoso.

Komposisi 34 suara tersebut, terdiri dari 33 suara yang berasal dari Pengurus Provinsi (Pengprov) dan satu lagi PB PBSI.

"Seolah-olah, Munas ini benar-benar dirancang untuk Pak Gita. Misalnya saja, tercermin dari waktu pelaksanaan yang bertepatan dengan hari kelahirannya (21 September 1965)," ujar Icuk.

Selain itu, Icuk menyebutkan jika Yogyakarta merupakan Pengprov pengusung pencalonan pria berusia 47 tahun tersebut. Apalagi, Icuk menengarai adanya rekayasa yang mencolok. Dicontohkannya, penetapan lokasi Munas yang menyalahi keputusan Mukernas PBSI tahun lalu.

Selain itu, Icuk memandang jika Munas menyalahi aturan lantaran hampir bersamaan dengan Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII/2012 Riau. Dalam pandangannya, Munas bertentangan dengan ketentuan dalam AD/ART.

"Pada Mukernas PBSI 2011, Munas diagendakan berlangsung November 2012. Namun kenyataannya, malah dipercepat menjadi September. Itu jelas-jelas melanggar Surat Keputusan (SK). Bahkan, tim verifikasi dari PB PBSI juga sudah melampaui wewenang dengan menggugurkan pencalonan Marzuki Ali. Seharusnya, PB PBSI bisa lebih bijaksana," tutupnya.