FOLLOW US:


Jateng Berharap Banyak Pada Tim Putra di PON Riau

25-07-2011 17:35
PON
PON

Bola.net - Tim bulu tangkis Jawa Tengah mengandalkan kelompok putra pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII/2012 di Riau.

Ketua Umum Pengprov PBSI Jawa Tengah HM Anwari ketika dihubungi dari Semarang, Senin mengatakan, Jateng diharapkan meraih emas dari nomor tunggal, ganda, dan beregu putra.

Kalau untuk kelompok putri, menurut dia, paling hanya mengandalkan pada tunggal perorangan putri atas nama Maria Febe Kusumastuti. "Kalau nomor beregu putri, sulit mendapatkan emas, paling-paling perunggu," katanya.

Ditanya kegagalan Maria Febe Kusumastuti dalam berbagai event internasional, dia mengatakan, dirinya tidak tahu persis karena yang bersangkutan sering turun pada kejuaraan super series.

"Kami masih berharap pada Febe untuk meraih emas dan yang bersangkutan bakal mendapat lawan berat dari Linda Weni Fenetri (Jatim)," katanya.

Ia menambahkan, kalau untuk putra diharapkan Dionysius Hayom Rumbaka, pasangan Tantowi Ahmad/Mohammad Ahsan bisa menyumbangkan medali emas, kemudian ditambah dengan nomor beregu putra.

Ia menyebutkan, Hayom bakal mendapat lawan berat dari putra juara dunia 1983, Icuk Sugiarto, Tommy Sugiarto yang turun atas nama DKI Jakarta. "Saya kira peringkat Hayom masih lebih baik dari Tommy, baik nasional maupun dunia," katanya.

Kalau untuk ganda putra, lanjut dia, Jateng tidak terlalu masalah karena selain pasangan Tantowi/Ahsan. masih ada Afiat Yuris Wirawan/Rendy Sugiarto. "Kami optimistis nomor ganda putra akan menjadi milik Jateng," katanya menegaskan.

Cabang bulu tangkis nomor beregu pada PON mendatang menggunakan sistem Piala Thomas (putra) dan Piala Uber (putri), yaitu tiga tunggal dan dua ganda.

Pada beregu putra kemungkinan adalah Hayom Rumbaka, Andreas Adityawarman, dan Riyanto Subagja (tunggal), Tantowi Ahmad/Ahsan atau dipasangkan dengan Fernando Kurniawan kemudian pasangan Afiat/Rendy Sugiarto.

Pada beregu putri kemungkinannya adalah Maria Febe, Rosaria Yusfin Pungkasari, dan Ana Rovita (tunggal), kemudian ganda bisa pasangan Nurbeta Kwanrico/Debby Susanto, dan Komala Dewi/Anisa Wahyuni, atau yang lainnya.

Pelatda bulu tangkis Jawa Tengah diikuti 16 pemain (delapan putra dan delapan putri) sesuai dengan kuota PB PON.

Pada kelompok putra terdapat nama Dionysius Hayom Rumbaka, Andreas Adityawarman, Riyanto Subagja, Afiat Yuris Wirawan, Mohammad Ahsan, Tantowi Ahmad, Fernando Kurniawan, dan Rendy Sugiarto.

Kemudian putri adalah Maria Febe Kusumastuti, Rosaria Yusfin Pungkasari, Ana Rovita, Anisa Wahyuni, Nurbeta Kwanrico, Debby Susanto, dan Komala Dewi. Mereka didampingi dua pelatih, yaitu Sigit Budiarto dan Antonius. (ant/mac)