FOLLOW US:


KONI Jatim Targetkan 2 Emas Pada PON Riau

25-07-2011 18:22
PON 2012
PON 2012

Bola.net - KONI Provinsi Jawa Timur masih yakin cabang bulu tangkis bisa menyumbangkan dua medali emas pada PON 2012 di Riau, kendati prestasi atlet daerah setempat dalam beberapa sirkuit nasional tahun ini tidak maksimal.

Ketua Umum KONI Jatim Saifullah Yusuf kepada wartawan di Surabaya, Senin mengatakan, Pengprov PBSI Jatim masih punya waktu satu tahun untuk melakukan pembenahan dan meningkatkan prestasi atlet puslatda untuk menghadapi PON.

"Saya masih punya keyakinan terhadap tim bulu tangkis Jatim. Kalau dua emas masih mungkin bisa didapat, karena ada beberapa atlet yang bisa jadi andalan, terutama yang kini di Pelatnas Cipayung," ujarnya.

Dalam sejarah penyelenggaraan PON, tim bulu tangkis Jatim pernah berjaya saat menjadi tuan rumah pada tahun 1969 dengan menyapu bersih semua medali emas.

Setelah itu, prestasi bulu tangkis Jatim merosot tajam dan naik turun. Jatim baru mendapatkan kembali masing-masing satu medali emas pada PON 1989, 1996 dan terakhir 2008.

Menurut Gus Ipul, PBSI Jatim harus bergerak cepat dan lebih intensif memantau prestasi atlet, agar target medali emas PON tidak meleset.

Jika perlu, lanjutnya, PBSI Jatim bisa mendatangkan pelatih berkualitas dari luar Jatim untuk memoles kemampuan atlet atau mengirim atlet berlatih di luar negeri, misalnya ke China.

"Kalau nanti di PON 2012 gagal meraih medali emas, saya sendiri yang akan 'jewer' pengurus PBSI Jatim," tambah Gus Ipul.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi Pengprov PBSI Jatim Wijanarko Adimulya mengakui bahwa target dua medali emas yang diminta KONI Jatim sangat berat untuk direalisasikan, karena pesaing dari daerah lain sangat kuat.

"Target kami tetap satu medali emas seperti PON 2008 dan itu lebih realistis," ujarnya.

Menurut ia, nomor ganda menjadi tumpuan untuk merebut medali emas PON, karena ada beberapa atlet Jatim yang kini berada di Pelatnas Cipayung, seperti Jenna Gozali, Variella Aprilsasi, Shendy Puspa Irawati, Rian Agung, dan Christopher Rusdianto.

Sedangkan di nomor tunggal putra dan putri, prestasi pebulu tangkis Jatim masih di bawah bayang-bayang daerah lain, seperti DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah yang memiliki beberapa pemain bagus. (ant/mac)