FOLLOW US:


Sama-Sama Rebut Emas, Jonatan Christie Ingin Jadi 'The New Taufik Hidayat'

31-08-2018 11:20
Sama-Sama Rebut Emas, Jonatan Christie Ingin Jadi 'The New Taufik Hidayat'
Jonatan Christie © Inasgoc/Antara

Bola.net - Jonatan Christie seolah menjadi angin segar bagi bulutangkis Indonesia di Asian Games 2018. Atlet berusia 20 tahun ini sukses besar merebut medali emas usai mengalahkan wakil Chinese Taipei, Chou Tienchen di final pada Selasa (28/8) lalu, prestasi yang terakhir kali dicicipi tunggal putra Indonesia di Asian Games 2006 di Doha, Qatar.

Tunggal putra bulutangkis sejatinya tak mendapatkan beban dari pemerintah untuk menyumbang medali emas di Asian Games 2018. Target emas dari pemerintah justru ditujukan pada ganda putra, sedangkan target emas dari PB PBSI ditujukan untuk ganda putra dan ganda campuran.

Ternyata, Jonatan justru melampaui ekspektasi pemerintah dan PBSI, merebut emas usai mengalahkan Chou Tienchen 21-18, 20-22, 21-15 di final. Bagi Indonesia, ini adalah emas pertama tunggal putra yang diraih di Asian Games sejak 2006 lewat Taufik Hidayat. Jonatan yang baru berusia 20 tahun pun tak memungkiri dirinya ingin menjadi 'The New Taufik'.

Jonatan Christie (c) AFP

"Semua pemain pasti mau jadi sosok idolanya. Siapa pun itu saya rasa itu adalah hal wajar. Tapi yang kita ingin bangkitkan kembali itu ya nama tunggal putra Indonesia. Setelah eranya Taufik Hidayat, ke sini-sini agak kurang," ujar Jonatan.

Hampir semua tunggal putra Indonesia menjadikan Taufik sebagai panutan. Di masa jayanya, banyak gelar yang telah dimenangkan Taufik. Beberapa di antaranya adalah Kejuaraan Dunia 2005, Olimpiade 2004, SEA Games, Asian Games, hingga Piala Thomas.Sayang, setelah Taufik pensiun, belum ada lagi sosok tunggal putra Indonesia yang mampu menjadi penerusnya.

Karenanya, dengan meraih emas Asian Games, Jonatan pun berharap bisa menjadi penerus Taufik. "Ini tugas juga buat saya, Anthony (Sinisuka Ginting), tim pelatih, PBSI, untuk bagaimana caranya kita dapat membangkitkan lagi nama tunggal putra," pungkas atlet yang akrab disapa 'Jojo' ini.

*Update terkini Asian Games 2018 mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di sini.

Sumber: Liputan6.com