5 Derby Ruhr Terbaik Sepanjang Masa

Serafin Unus Pasi | 26 April 2019 21:10
Fans Borussia Dortmund menonton partai Derby Ruhr bersama sahabatnya yang merupakan fans Schalke (c) Bundesliga

Bola.net - - Setiap negara pasti punya laga sepak bola terpanas dari tim sekota yang biasa disebut dengan derbi. Namun sepertinya tidak ada yang punya atmosfir semagis duel antara dua tetangga dari distrik Ruhr di Jerman ini.

Revierderby atau yang dikenal juga sebagai Derby Ruhr adalah salah satu derbi terpanas di Bundesliga, menampilkan dua seteru abadi, Borussia Dortmund dan FC Schalke 04. Pertemuan kedua tim ini kerap menghasilkan laga penuh aksi, gol dan drama.

Inilah 5 laga Revierderby terbaik dalam sejarah Bundesliga. Silahkan Scroll berita ini ke bawah untuk melihat partai-partai terbaik dari rivalitas terpanas di Jerman ini.

1 dari 5 halaman

Dortmund vs Schalke 4-4 - 25 November 2017

Dortmund vs Schalke (c) Bundesliga
Pertandingan ini mendefinisikan Revierderby yang sebenarnya. Salah satu duel terbaik dalam sejarah Bundesliga. Dortmund menjamu Si Biru Royal di Signal Iduna Park dalam pertemuan pertama di musim 2017/18.

Laga terbagi dalam dua sisi sempurna: Di babak pertama, Dortmund mendominasi pertandingan dan menggebuk Schalke empat gol tanpa ampun melalui gol-gol dari Pierre-Emerick Aubameyang, Mario Götze, Raphaël Guerreiro dan gol bunuh diri oleh Benjamin Stambouli.

Namun di babak kedua, Schalke bangkit tepat satu jam setelah pertandingan berjalan melalui sundulan Guido Burgstaller. Empat menit kemudian, Amine Harit menambah gol dan menjadikan skor 4-2. Di menit ke-72, Aubameyang harus meninggalkan lapangan lebih dulu setelah tekel kerasnya terhadap Harit menghasilkan kartu kuning kedua baginya di laga yang menjadi Revierderby terakhirnya sebelum pindah ke Arsenal pada Januari 2018.

Pertandingan pun makin panas dengan Schalke mencoba menggedor pertahanan 10 pemain Dortmund. Hasilnya Daniel Caligiuri berhasil memperkecil defisit menjadi satu gol melalui tendangan kaki kirinya. Kegigihan pasukan dari Gelsenkirchen ini pun terbayar di menit keempat injury time saat Naldo menanduk masuk bola tendangan pojok Yevhen Konoplyanka dan menjadikan skor imbang 4-4. Pasukan Domenico Tedesco ini membuktikan kepada seteru abadinya bahwa tidak ada yang mudah dalam sebuah Revierderby, termasuk mengalahkan mereka.

2 dari 5 halaman

Dortmund vs Schalke 3-3 - 13 September 2008

Fans Schalke membawa drum yang dihiasi pernak-pernik biru khas Schalke untuk mendukung tim kesayangan mereka (c) Bundesliga

Lebih dari satu dekade lalu, giliran Schalke yang membuang kesempatan emasnya. Mereka secara mengejutkan unggul tiga gol atas tuan rumah melalui gol-gol dari Jefferson Farfán, Rafinha dan Haiko Westermann sebelum sang super-sub Alex Frei berhasil menjadikan skor imbang 3-3 melalui dua gol dan satu assist-nya untuk Neven Subotic.

Ia juga menyelamatkan sang pelatih Jürgen Klopp dari kekalahan di laga Revierderby pertamanya bersama Dortmund. Pertandingan ini juga diwarnai oleh kartu kuning kedua bagi bek kiri Schalke, Christian Pander.

3 dari 5 halaman

Dortmund vs Schalke 2-2 - 19 Desember 1997

Fans Schalke menghiasi diirnya dengan pernak-pernik Schalke (c) Bundesliga

Laga Revierderby di musim 1997/98 ini lain dari yang lain. Kedua tim bertemu sebagai tim elit Eropa. Dortmund kala itu berstatus sebagai juara Liga Champions setelah mengalahkan Juventus 3-1 sedangkan Schalke menyandang gelar Piala UEFA setelah mengalahkan tim Italia lainnya, Inter Milan, lewat adu penalti.

Dortmund pun berhasil memimpin pertandingan 2-1 melalui dua tendangan bebas dari Vladimir But dan Andreas Möller dengan gol selingan dari Denis Klyuev. Memasuki menit akhir pertandingan, Schalke pun mendapat sepak pojok terakahir dan yang terjadi berikutnya adalah sejarah.

Jens Lehmann merangsek ke depan tak terjaga dan berhasil menyundul bola masuk ke gawang Stefan Klos. Itu adalah gol pertama dalam sejarah Bundesliga yang dicetak oleh seorang kiper melalui permainan terbuka.Momen spesial yang dicetak pada pertandingan yang spesial.

4 dari 5 halaman

Dortmund vs Schalke 0-1 - 30 Januari 2004

Schalke vs Borussia Dortmund (c) Bundesliga

Aksi Jens Lehmann di tahun 1997 bukanlah satu-satunya aksi heroik seorang kiper dalam Revierderby. Di tahun 2004 ada Frank Rost yang juga menjadi pahlawan bagi Si Biru Royal. Meski tak mencetak gol, Rost dihujani pujian karena berhasil menyelamatkan 2 tendangan penalti Dortmund dan mengamankan gawangnya dari kebobolan hingga akhir pertandingan.

Jan Koller dan Torsten Frings gagal mengeksekusi penalti dan membawa Dortmund unggul di menit ke-9 dan ke-74. Striker legendaris Schalke asal Denmark, Ebbe Sand menyempurnakan kesialan Dortmund di menit ke-89 melalui golnya yang membawa Schalke unggul di Revierderby musim 2003/04 ini. Pertandingan ini juga diwarnai dua kartu merah untuk kedua kubu.

5 dari 5 halaman

Dortmund vs Schalke 2-0 - 12 Mei 2007

Fans Borussia Dortmund (c) Bundesliga

Kala itu, Dortmund sudah kehilangan harapan lolos ke kompetisi antarklub Eropa dan bercokol di papan tengah Bundesliga. Namun itu tak menghalangi mereka untuk tetap menjadi seteru abadi Schalke dan menjadi penghalang tetangga mereka untuk mencapai kesuksesan.

Schalke yang kala itu unggul satu poin dari VfB Stuttgart memimpin klasemen dengan sisa dua pertandingan lagi menuju Meisterschale. Dortmund menunjukkan siapa penguasa Ruhr yang sebenarnya dan siapa yang berhak menentukan peraih gelar juara Bundesliga musim 2006/07.

Dua gol dari Alex Frei dan Ebi Smolarek memupuskan harapan Schalke meraih gelar juara karena sekitar 25 kilometer dari Dortmund, Stuttgart berhasil mengalahkan tuan rumah VfL Bochum 2-3 dan menyingkirkan Schalke dari puncak klasemen.

Di pekan terakhir, Schalke dan Stuttgart sama-sama meraih tiga poin dan Dortmund pun bergabung dengan Stuttgart dalam merayakan kegagalan Schalke.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR