Banjir Gol dan Penonton, Inilah Statistik Lengkap Bundesliga 2018-2019

Afdhol | 31 Mei 2019 10:48
Suporter Bayern Munchen saat mendukung di laga Bayern vs Hannover. (c) AP Photo/Matthias Schrader

Bola.net - Bundesliga musim 2018/19 baru saja dirampungkan dan Bayern Munchen sekali lagi menunjukkan dominasinya dengan meraih Meisterschale yang ke-7 secara berturut-turut. Namun gelar juara Bundesliga yang ke-29 itu diraih Bayern dengan tak semudah yang dibayangkan oleh orang-orang. Mereka bahkan sempat terlempar ke posisi keenam pada pekan ke-7 saat secara mengejutkan dikalahkan oleh Borussia Monchengladbach di kandang sendiri dengan tiga gol tanpa balas.

Di lain pihak, Borussia Dortmund lebih difavoritkan untuk menjadi juara pada saat itu melalui start impresifnya paling tidak hingga hinrunde atau paruh pertama musim. Namun tampaknya jeda musim dingin berdampak cukup besar bagi Dortmund. Mereka mulai kehilangan ritme di ruckrunde atau paruh kedua musim, tepatnya di bulan Februari kala mereka gagal menang di tiga laga berturut-turut.

Bayern yang mulai konsisten dalam memenangi setiap laga perlahan mulai mendekati Dortmund. Puncaknya terjadi kala Der Klassiker edisi kedua di musim 2018/19 digelar di Allianz Arena. Lima gol tanpa balas ke gawang Dortmund mengubah peta persaingan, sejak saat itu, Dortmund jadi pihak yang harus berusaha sekuat tenaga untuk mengejar Bayern. Namun apa daya momentum sudah bukan di tangan mereka lagi dan laga Revierderby di pekan ke-31 jadi hari pengadilan saat Benjamin Stambouli dkk. mengetuk palu dan mulai menyirnakan asa juara rivalnya dengan mengalahkan mereka 2-4 di Signal Iduna Park.

Amarah, haru, kesedihan, luapan kegembiraan, momen menegangkan, semua bercampur dan mengisi rangkaian musim Bundesliga 2018/19 ini. Salah satunya adalah momen perpisahan duo legendaris Robbery (Arjen Robben & Franck Ribery.) Dua pemain tersukses dalam sejarah Bundesliga ini memutuskan untuk meninggalkan Bayern di akhir musim.

Bundesliga juga sekali lagi membuktikan sebagai liga terbaik dari lima liga Eropa teratas dengan rata-rata penonton mencapai angka 43.400 per pertandingan, terbanyak di Eropa. Bundesliga juga menjamin para penontonnya untuk selalu menyaksikan gol dengan rata-rata 3,2 gol per laga, terbanyak di Eropa.

Berikut adalah statistik lengkap Bundesliga 2018/19 yang telah kami rangkum untuk Bolaneters. Scroll yuk!

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR