Bikin Geleng Kepala, Ini Statistik Menakjubkan Erling Haaland Sepanjang Musim 2019-2020

Aga Deta | 18 Mei 2020 13:44
Penyerang Borussia Dortmund, Erling Haaland, merayakan golnya ke gawang Schalke 04 dalam laga Bundesliga hari Sabtu (16/5/2020). (c) AP Photo

Bola.net - Kompetisi Bundesliga akhirnya kembali bergulir setelah sempat terhenti akibat pandemi virus Corona. Penyerang muda asal Norwegia, Erling Haaland, langsung menggebrak pada laga perdananya bersama Borussia Dortmund.

Pemain berusia 19 tahun itu jadi pencetak gol pertama Borussia Dortmund saat menaklukkan Schalke 04 dengan skor 4-0, Sabtu (16/5/2020), di Signal Iduna Park.

Torehan tersebut makin menegaskan, Haaland pantas disebut predator haus gol. Musim ini, Haaland menjadi satu di antara pembicaraan panas di kancah sepak bola dunia.

Satu yang pasti, atensi datang bukan karena perilaku negatif striker asal Norwegia tersebut. Di usianya yang masih muda, Haaland sudah mampu mencetak banyak gol.

Hingga kini, Erling Haaland sudah mengoleksi 41 gol dari 30 pertandingan bersama dua klub berbeda, RB Salzburg dan Borussia Dortmund.

Pada awal musim, Haaland bermain untuk RB Salzburg dan menyumbang 28 gol. Kemudian, putra Alf-Inge Haaland ini memutuskan hengkang ke Borussia Dortmund pada bursa transfer Januari 2020.

Bersama Die Borussen, Haaland sudah mengemas 13 gol dari sembilan pertandingan. Catatan yang bisa dibilang cukup impresif untuk pemain yang baru berusia 19 tahun.

Nyatanya, sepanjang musim ini Haaland juga mampu mencatatkan banyak statistik menawan.

Berikut ini 13 statistik menakjubkan Erling Haaland sejauh ini.

1 dari 1 halaman

13 Statistik Menawan Erling Haaland

1- Sejak bergabung dengan Borussia Dortmund pada Januari lalu, Erling Haaland mampu mencetak 13 gol dalam kurun waktu 826 menit bermain. Hal itu berarti Haaland bisa mencetak gol setiap 63,5 menit.

2- 12 gol yang dicetak bersama Borussia Dortmund ditorehkan di pentas Bundesliga dan Liga Champions. Padahal, Haaland hanya melakukan 15 tembakan tepat sasaran.

3- Erling Haaland baru tampil sembilan kali di Bundesliga, tapi catatan golnya musim ini hanya kalah dari 10 pemain.

4- Erling Haaland memenangi penghargaan pemain terbaik Bundesliga pada Januari lalu. Padahal, Erling Haaland hanya bermain selama 59 menit.

5- Erling Haaland memiliki torehan gol di Liga Champions yang sama dengan Barcelona, yakni sebanyak 10 gol.

6-Erling Haaland selalu mencetak lebih dari satu gol hampir di setiap kompetisi yang dimainkannya musim ini. Erling Haaland hanya mencetak satu gol di ajang Piala Jerman/DFB Pokal selama 44 menit bermain.

7- Erling Haaland telah mencetak lebih dari 10 gol dalam tiga kompetisi berbeda musim ini (Bundesliga Austria, Liga Champions, Bundesliga Jerman).

8- Selain Erling Haaland, Roberto Firmino dan Sadio Mane merupakan dua pemain lain yang mampu mencetak 10 gol pada musim pertamanya di Liga Champions.

9- Erling Haaland merupakan pemain muda pertama yang mencetak 10 gol Liga Champions selama satu musim. Kylian Mbappe pernah melakukan catatan gol serupa, tetapi ia melakukannya selama dua musim.

10- 10 gol yang dicetak Erling Haaland di Liga Champions dilakukan hanya dalam tujuh pertandingan. Hal tersebut menjadikan Haaland sebagai pemain tercepat dalam sejarah Liga Champions yang mencetak 10 gol.

11- Erling Haaland merupakan pemain Borussia Dortmund pertama yang mencetak gol pada debutnya di Bundesliga, DFB-Pokal, dan Liga Champions.

12- Sejauh ini, Erling Haaland sudah mencetak 41 gol dalam 34 penampilan bersama dua klub berbeda, Borussia Dortmund dan Red Bull Salzburg, musim ini. Tercatat Haaland mencetak satu gol setiap 55,9 menit.

13- Sepanjang karier di level klub, Haaland telah mencetak 62 gol dalam 105 pertandingan dan berhasil mencatatkan delapan hattrick.

Sumber: Planet Football
Disadur dari: Bola.com/Penulis Faozan Tri Nugroho/Editor Aning Jati
Published: 18 Mei 2020

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR