Bundesliga Pertama Lawan Corona, Begini Pendapat Manuel Neuer

Richard Andreas | 16 Juni 2020 23:45
Manuel Neuer (c) DFL

Bola.net - Bundesliga 2019/20 bakal segera tuntas, hanya butuh tiga pertandingan lagi. Seperti biasa, Bayern Munchen berada di puncak klasemen sementara dan hanya butuh satu kemenangan lagi untuk memastikan gelar juara.

Progres Bundesliga ini jelas merupakan salah satu yang terbaik untuk dunia sepak bola pasca pandemi virus corona. Awalnya liga-liga sempat terancam dibatalkan, tapi untungnya situasi membaik.

Adalah Bundesliga yang pertama kali mengambil langkah berani untuk melanjutkan musim. Saat itu beberapa liga top lain seperti Ligue 1 dan Premier League masih ragu-ragu, tapi Bundesliga berani.

Tentu berani bukan berarti menantang dan meremehkan virus corona, hanya mereka percaya dengan protokol pencegahan penyebaran virus corona.

Keberhasilan Bundesliga pun mendorong liga-liga lain untuk ikut melanjutkan musim. Inilah bukti bahwa Bundesliga merupakan salah satu liga paling siap.

Baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 2 halaman

Akan Selalu Dikritik

Keberanian Bundesliga ini disinggung oleh kiper top Bayern Munchen, Manuel Neuer. Menurutnya, kembalinya Bundesliga merupakan langkah besar.

Dia percaya Bundesliga telah memberikan contoh pada liga-liga lain tentang bagaimana melanjutkan pertandingan sembari tetap menjaga keselamatan.

"Akan selalu ada kritik. Jika kami tidak memulai sekarang, mereka bakal bertanya-tanya mengapa kami tidak melanjutkan pertandingan. Saya kira liga kami telah memberikan contoh positif," ungkap Neuer dikutip dari Sportskeeda.

2 dari 2 halaman

Menjaga Diri

Neuer pun yakin tidak perlu ada yang ditakuti dari situasi baru pascapandemi virus corona ini. Menurutnya yang paling penting adalah menjaga diri sesuai dengan protokol, berusaha tidak keluar rumah jika tidak perlu.

"Kami [para pemain] harus menjaga jarak di pesawat dan bus. Kami makan masing-masing dan terus mengenakan masker sampai waktunya makan," sambung Neuer.

"Semua pertimbangan higienis terus dilakukan sampai kami benar-benar pulang di rumah. Bahkan kami pun tidak diizinkan berbelanja atau pergi ke restoran."

"Anda akan terbiasa dengan segalanya," tandasnya.

Sumber: Sportskeda

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR